kesehatan
Kolesterol Tinggi ?

Kolesterol Tinggi ?

Apa itu kolesterol dan apakah itu tidak sehat?

Merupakan zat lilin yang ditemukan dalam tubuh dan produk hewani seperti daging, telur, dan produk susu. Ini memainkan peran penting dalam produksi hormon, vitamin D, dan empedu yang dibutuhkan untuk mencerna lemak. Kolesterol adalah komponen penting dari setiap sel dalam tubuh Anda, yang memberikan kekuatan dan fleksibilitas membran sel Anda.

makanan dengan kandungan kolesterol

Karena kolesterol tidak bercampur dengan baik dengan cairan (darah), kolesterol diangkut oleh molekul yang disebut lipoprotein. Termasuk lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL). LDL sering disebut sebagai “kolesterol jahat,” karena terkait dengan penumpukan plak di arteri. Sedangkan HDL (“kolesterol baik”) membantu mengeluarkan kelebihan kolesterol dari tubuh.

Ketika mengonsumsi lebih banyak kolesterol, tubuh mengkompensasi Anda dengan mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi secara alami. Sebaliknya, ketika asupan kolesterol makanan rendah, tubuh Anda meningkatkan produksi kolesterol untuk memastikan selalu ada cukup zat penting ini. Hanya sekitar 25% dari kolesterol dalam sistem Anda berasal dari sumber makanan.

Berikut adalah 4 makanan kolesterol tinggi yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

  • Makanan yang digoreng

Mereka penuh dengan kalori dan dapat mengandung lemak trans, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan buruk bagi kesehatan Anda.

  • Makanan cepat saji

Konsumsi makanan cepat saji merupakan faktor risiko utama untuk banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Mereka yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki banyak lemak perut, tingkat peradangan yang lebih tinggi, dan regulasi gula darah yang lebih buruk. Makan lebih sedikit makanan olahan dan memasak lebih banyak makanan rumahan menyebabkan berat badan lebih rendah, lemak tubuh yang lebih rendah, dan faktor risiko penyakit jantung yang lebih rendah seperti kolesterol LDL yang lebih tinggi.

  • Daging olahan

Produk olahan seperti sosis, bacon, dan lai lain Anda harus membatasi konsumsinya. Konsumsi daging olahan yang tinggi meningkatkan tingkat penyakit jantung dan jenis kanker tertentu seperti kanker usus besar.

  • Permen

Cookies, cake, es krim, kue kering, dan makanan manis lainnya adalah makanan tidak sehat yang cenderung tinggi kolesterol, serta tambahan gula, lemak tidak sehat, dan kalori yang menyebabkan berat badan mudah naik dari waktu ke waktu.

Berikut adalah 7 makanan sehat

  • Telur

Telur adalah salah satu makanan paling bergizi yang bisa Anda makan. Mereka juga tinggi kolesterol, dengan satu telur besar menyediakan 211 mg, atau 70% dari RDI. Orang sering menghindari telur karena takut dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan 1-3 butir telur per hari sangat aman untuk orang sehat.

  • Keju

Satu porsi keju 1 ons (28 gram) menyediakan 27 mg kolesterol, atau sekitar 9% dari RDI. Berbagai jenis keju bervariasi dalam kandungan nutrisinya, tetapi sebagian besar jenis keju menyediakan kalsium, protein, vitamin B, dan vitamin A dalam jumlah yang baik. Karena keju tinggi kalori, tetaplah pada ukuran porsi yang direkomendasikan yaitu 1 hingga 2 ons sekaligus untuk menjaga porsi tetap terkendali.

  • Tiram

Tiram – termasuk tiram, kepiting, dan udang – adalah sumber protein, vitamin B, zat besi, dan selenium yang sangat baik. Misalnya, 3 ons (85 gram) porsi udang menyediakan 166 mg kolesterol – lebih dari 50% RDI. Tiram mengandung komponen bioaktif – seperti antioksidan karotenoid dan asam amino taurin – yang membantu mencegah penyakit jantung dan mengurangi kolesterol jahat LDL.

  • Steak

Steak memiliki kandungan protein, serta vitamin dan mineral penting seperti vitamin B12, seng, selenium, dan zat besi. Memiliki lebih banyak asam lemak omega-3, yang bersifat anti-inflamasi. Meskipun daging olahan memiliki hubungan yang jelas dengan penyakit jantung, beberapa studi populasi besar tidak menemukan hubungan antara asupan daging merah dan risiko penyakit jantung.

  • Daging organik

Daging organ seperti jantung, ginjal dan hati – sangat bergizi. Misalnya, jantung ayam adalah sumber antioksidan kuat CoQ10 yang sangat baik, serta vitamin B12, zat besi, dan seng, dengan 2 ons (56 gram) menyediakan 105 mg, atau 36% dari RDI.

  • Sarden

Selain memiliki kandungan nutrisi, sarden menjadi sumber protein Anda dapat menambahkannya ke berbagai hidangan. Satu porsi 3,75 ons (92 gram) ikan kecil ini mengandung 131 mg, atau 44% RDI, tetapi juga mengandung 63% RDI untuk vitamin D, 137% RDI untuk B12, dan 35%. dari RDI untuk kalsium. Selain itu, sarden merupakan sumber zat besi, selenium, fosfor, seng, tembaga, magnesium, dan vitamin E yang sangat baik.

  • Yogurt Penuh Lemak

Yogurt penuh lemak merupakan makanan yang kaya nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, seng serta kalium. Satu cangkir (245 gram) yogurt mengandung lemak 31,9 mg atau 11% dari RDI.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *