Rempah
Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Asia Tenggara. Ini adalah salah satu rempah-rempah paling sehat. Rempah ini masuk ke dalam keluarga Zingiberaceae dan berkaitan dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas. Rimpang (bagian batang bawah tanah) adalah bagian yang biasa digunakan sebagai bumbu. Jahe dapat digunakan segar, kering, bubuk, atau sebagai minyak atau jus. Ini adalah bahan yang sangat umum dalam resep. Serta dapat juga menambhakannya ke dalam makanan olahan atau kosmetik. Berikut manfaat jahe bagi kesehatan tubuh :

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh www.herbaltama.net

1. Mengandung gingerol yang memiliki khasiat obat yang kuat

Jahe memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai bentuk pengobatan tradisional dan alternatif. Telah digunakan untuk membantu pencernaan, mengurangi mual, dan membantu melawan flu dan pilek. Jahe hadir dengan aroma dan rasa yang unik dari minyak alaminya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Misalnya, dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh.

2. Mengatasi mual, terutama morning sickness

Jahe tampaknya sangat efektif melawan mual. Ini dapat membantu meredakan mual dan muntah untuk orang yang menjalani jenis operasi tertentu. Jahe juga dapat membantu mengatasi mual yang terkait dengan kemoterapi. Namun, ini mungkin lebih efektif jika menyangkut mual yang terkait dengan kehamilan, seperti mual di pagi hari. Alangkah baiknya agar ibu hamil yang mendekati persalinan atau yang pernah mengalami keguguran harus menghindari jahe.

3. Dapat membantu penurunan berat badan

Manfaat jahe bagi kesehatan tubuh selanjutnya yaitu berperan dalam penurunan berat badan. Kemampuan jahe untuk mempengaruhi penurunan berat badan mungkin terkait dengan mekanisme tertentu, seperti kemampuannya untuk membantu meningkatkan jumlah kalori yang terbakar atau mengurangi peradangan.

4. Dapat membantu mengobati gangguan pencernaan kronis

Gangguan pencernaan kronis seperti nyeri berulang dan ketidaknyamanan di bagian atas perut. Pengosongan lambung yang tertunda sebagai penyebab utama gangguan pencernaan. Menariknya, jahe telah terbukti mempercepat pengosongan lambung. Butuh beberapa menit untuk perut kosong pada orang yang mengonsumsi jahe.

5. Dapat secara signifikan mengurangi nyeri haid

Selama siklus menstruasi beberapa orang merasakan nyeri yang mengacu pada rasa sakit. Salah satu kegunaan jahe secara tradisional adalah untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri haid.

6. Membantu menurunkan kadar kolesterol darah

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Makanan yang Anda makan dapat memiliki efek yang kuat pada kadar LDL Anda. Banyak yang menyebutkan rasa tidak enak pada mulut sebagai alasan untuk menghentikan penelitian OA karena mereka menerima dosis 500 mg-1 g jahe.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *