Buah
Manfaat Okra Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Manfaat Okra Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Okra adalah tanaman berbunga yang dikenal karena bijinya yang dapat dimakan. Tanaman ini tumbuh di iklim hangat dan tropis. Okra hadir dalam dua warna yaitu merah dan hijau. Kedua varietas rasanya sama, dan warna merahnya berubah menjadi hijau saat Anda memasaknya. Okra secara biologis diklasifikasikan sebagai buah, dan umumnya digunakan campuran sayuran dalam masakan. Meskipun bukan salah satu makanan yang paling umum, okra kaya akan nutrisi. Berikut beberapa manfaat okra yang wajib Anda tahu :

manfaat okra yang tidak boleh terlewatkan www.herbaltama.net

Manfaat Okra Untuk Kesehatan

1. Kaya nutrisi

Okra memiliki banyak nutrisi dan gizi. Satu cangkir (100 gram) okra mentah mengandung:

  • Kalori: 33
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Serat: 3 gram
  • Magnesium: 14% dari Nilai Harian (DV)
  • Folat: 15% dari nilai harian
  • Vitamin A, C, K, B6
  • Okra adalah sumber vitamin C dan K1 yang sangat baik. Vitamin C adalah nutrisi yang larut dalam air yang berkontribusi pada fungsi kekebalan secara umum, sedangkan vitamin K1 adalah vitamin yang larut dalam lemak.

Selain itu, okra rendah kalori dan karbohidrat serta mengandung beberapa protein dan serat. Asupan protein yang cukup bermanfaat untuk manajemen berat badan, kontrol gula darah, struktur tulang, dan massa otot.

2. Mengandung antioksidan yang bermanfaat

Okra mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Antioksidan utama dalam okra adalah polifenol, termasuk flavonoid dan isoquercetin, serta vitamin A dan C. Polifenol juga dapat bermanfaat bagi kesehatan otak dan melindungi dari peradangan. Mekanisme pertahanan ini dapat membantu melindungi otak Anda dari gejala penuaan dan meningkatkan kognisi, pembelajaran, dan memori.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kadar kolesterol tinggi biasanya berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Okra mengandung zat kental seperti gel / lendir, yang dapat mengikat kolesterol selama pencernaan. Manfaat lain dari okra adalah kandungan polifenolnya.

4. Memiliki sifat anti-kanker

Okra mengandung sejenis protein (lektin), yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker manusia.

5. Menurunkan gula darah

manfaat okra turunkan kadar gula darah www.herbaltama.net

Menjaga kadar gula darah sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Gula darah tinggi yang terus-menerus dapat menyebabkan pradiabetes dan diabetes tipe 2. Namun, okra dapat mengganggu metformin, obat diabetes yang umum. Oleh karena itu, makan okra tidak dianjurkan bagi mereka yang menggunakan obat ini.

6. Bermanfaat untuk ibu hamil

Asam folat (vitamin B9) merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil. Selain itu dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf, yang memengaruhi otak dan tulang belakang janin yang sedang berkembang. Semua wanita usia subur sebaiknya mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari. Okra adalah sumber asam folat yang baik, dengan satu cangkir (100 gram) menyediakan 15% dari kebutuhan harian wanita akan nutrisi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *