kesehatan
Batuk Kering Atasi Dengan Obat Rumahan

Batuk Kering Atasi Dengan Obat Rumahan

Batuk kering tidak dapat mengeluarkan lendir, dahak, atau iritasi dari paru-paru atau saluran hidung. Selain itu dapat bertahan selama berminggu-minggu setelah Anda masuk angin atau flu.  Batuk bisa sangat mengganggu dan dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Ada sejumlah perawatan klinis yang dapat Anda gunakan untuk meringankannya, tetapi ada juga pengobatan rumahan yang bisa sama efektifnya. Berikut beberapa obat rumahan untuk atasi batuk kering

Table of Contents

1. Madu

batuk kering madu www.herbaltama.net

Untuk orang dewasa dan anak-anak berusia satu tahun ke atas, madu dapat digunakan untuk mengobati batuk kering baik siang maupun malam. Madu memiliki sifat antibakteri dan juga dapat membantu melapisi tenggorokan dan meredakan peradangan. Anda dapat mencoba meminum madu dengan satu sendok teh beberapa kali sehari, atau menambahkannya ke dalam teh atau air hangat untuk Anda minum.

2. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang mungkin memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Ini juga dapat membantu untuk banyak kondisi, termasuk batuk kering. Curcumin paling baik terserap ke dalam aliran darah ketika dikonsumsi dengan lada hitam. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman seperti jus jeruk dingin untuk diminum. Anda juga bisa mengubahnya menjadi teh hangat. Kunyit bermanfaat sebagai sumber terpercaya penyakit saluran pernapasan atas, bronkitis, dan asma dalam pengobatan Ayurveda selama berabad-abad. Anda bisa mendapatkan kunyit dalam bentuk bumbu, juga kapsul.

3. Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Serta juga telah terbukti menjadi sumber yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Anda juga bisa membuat teh jahe dari akar jahe dengan merendam akar yang sudah Anda kupas atau Anda cincang ke dalam air hangat. Menambahkan madu dapat membuatnya lebih bermanfaat untuk batuk kering. Anda juga bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk kapsul atau mengunyah akar jahe untuk meredakan batuk kering.

4. Mint

Peppermint mengandung mentol, yang membantu mematikan ujung saraf di tenggorokan yang teriritasi oleh batuk. Serta dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi keinginan untuk batuk. Mint juga sebagai sumber tepercaya untuk sifat antibakteri dan antivirusnya. Ada beberapa cara untuk makan mint. Termasuk minum teh peppermint atau mengisap pelega tenggorokan peppermint. Cobalah minum teh peppermint tepat sebelum tidur untuk membantu meredakan batuk di malam hari. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial peppermint sebagai aromaterapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *