Buah
Manfaat Mangga Yang Harus Anda Tahu !

Manfaat Mangga Yang Harus Anda Tahu !

Di beberapa bagian dunia, mangga (Mangifera indica) disebut sebagai “raja buah”. Mangga termasuk ke dalam buah yang berbiji, memiliki biji besar yang ada ditengah buah.  Buah ini berasal dari India dan Asia Tenggara serta dapat tumbuh subur di Indonesia. Ada ratusan jenis mangga yang memiliki rasa, bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda.  Selain rasanya yang enak, tetapi juga memiliki nutrisi yang baik. Faktanya, penelitian menghubungkan mangga dan nutrisinya dengan banyak manfaat kesehatan, seperti peningkatan kekebalan dan kesehatan pencernaan. Polifenol tertentu dalam buah dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Berikut 5 manfaat mangga, termasuk gambaran kandungan nutrisinya dan beberapa tips cara menikmatinya.

Manfaat Mangga Untuk Kesehatan

manfaat mangga rendah kalori www.herbaltama.net

1. Kaya akan Nutrisi

Banyak orang menyukai mangga bukan hanya karena rasanya yang enak tetapi juga karena sangat bergizi. Satu cangkir (165 gram) mangga segar menyediakan :

  • Kalori: 99
  • Protein: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 24,7 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Gula: 22,5 gram
  • Vitamin C: 67% dari Nilai Harian
  • Tembaga: 20% dari nilai harian
  • Folat: 18% dari Nilai Harian
  • VitaminB6: 12% dari Nilai Harian
  • VitaminA: 10% dari Nilai Harian
  • VitaminE: 10% dari Nilai Harian
  • VitaminK: 6% dari Nilai Harian
  • Niasin: 7% dari Nilai Harian
  • Kalium: 6% dari Nilai Harian
  • Riboflavin: 5% dari Nilai Harian
  • Magnesium: 4% dari Nilai Harian
  • Tiamin: 4% dari Nilai Harian

Salah satu fakta nutrisi yang paling baik adalah bahwa hanya satu cangkir (165 gram) mangga segar menyediakan hampir 67% DV untuk vitamin C. Vitamin yang larut dalam air ini membantu sistem kekebalan Anda, membantu tubuh Anda menyerap zat besi, dan mendorong pertumbuhan sel. Mangga juga merupakan sumber mineral tembaga dan asam folat yang baik, yang merupakan nutrisi yang sangat penting selama kehamilan, karena mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

2. Rendah kalori

Manfaat mangga lainnya adalah rendah kalori. Satu cangkir (165 gram) mangga segar mengandung kurang dari 100 kalori dan memiliki kepadatan kalori yang sangat rendah, yang berarti mengandung sedikit kalori untuk ukuran porsi. Faktanya, sebagian besar buah dan sayuran segar cenderung lebih rendah kepadatan kalorinya.

Namun, perlu Anda tahu bahwa ini mungkin tidak berlaku untuk mangga kering. Hanya satu cangkir (160 gram) mangga kering mengandung 510 kalori, 106 gram gula, dan kepadatan kalori yang lebih tinggi. Meskipun mangga kering masih kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, mungkin lebih baik memakannya dalam jumlah sedang karena kepadatan kalori dan kandungan gulanya yang tinggi.

3. Membantu mencegah diabetes

Mangga segar relatif tinggi gula alami dibandingkan buah segar lainnya, dengan cangkir mengandung lebih dari 22 gram (165 gram). Anda mungkin berpikir ini mungkin mengkhawatirkan bagi orang-orang dengan kondisi metabolisme seperti diabetes, atau bagi mereka yang mencoba membatasi asupan gula mereka. Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa makan mangga segar menyebabkan diabetes atau tidak sehat untuk orang dengan kondisi ini. Namun, karena mangga kaya akan gula alami, mangga cenderung menyebabkan lonjakan tiba-tiba kadar gula darah Anda jika Anda makan terlalu banyak sekaligus.

Dengan demikian, mangga paling baik dimakan dalam jumlah sedang, yang berarti ukuran porsi khasnya adalah sekitar satu cangkir (165 gram) sekali makan. Mungkin juga bermanfaat untuk memasangkannya dengan makanan lain yang kaya serat dan protein, karena ini dapat membantu mengurangi gula darah tinggi.

4. Mendukung kesehatan mata

Mangga penuh dengan nutrisi yang membantu mendukung kesehatan mata. Mengandung dua nutrisi utama yaitu antioksidan lutein dan zeaxanthin. Mereka terkonsentrasi di retina Anda bagian yang mengubah cahaya menjadi sinyal sehingga otak Anda dapat menafsirkan apa yang Anda lihat. Nutrisi ini terutama terkonsentrasi pada pusat retina (makula).

Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami yang menyerap cahaya berlebih. Selain itu, tampaknya melindungi mata Anda dari cahaya biru yang berbahaya. Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yang mendukung kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dalam makanan berkaitan dengan mata kering dan rabun senja. Kekurangan yang parah dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti jaringan parut pada kornea.

5. Membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker

Mangga kaya akan polifenol, yang mungkin memiliki sifat anti-kanker. Polifenol dapat membantu melindungi dari proses berbahaya (stres oksidatif), yang terkait dengan banyak jenis kanker. Mangiferin, polifenol utama dalam mangga, baru-baru ini mendapat perhatian karena efek anti-kankernya yang menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *