Buah
Manfaat Belimbing, Dapat Cegah Peradangan ?

Manfaat Belimbing, Dapat Cegah Peradangan ?

Belimbing (Averrhoa carambola) banyak terdapat di daerah tropis, seperti India, Malaysia, Indonesia dan Filipina, namun juga tersebar luas di seluruh dunia. Buah ini memiliki panjang 5 – 18 cm dan terlihat seperti bintang lima titik saat dipotong. Belimbing yang sudah matang berdaging, renyah, berair, dan memiliki rasa manis sedikit asam. Buah belimbing yang lebih kecil lebih pedas daripada buah yang lebih besar. Khasiat belimbing antara lain kaya akan vitamin C, merupakan sumber serat yang baik. Berikut beberapa manfaat belimbing untuk kesehatan Anda :

Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan Anda

1. Belimbing penuh vitamin C

Belimbing adalah sumber vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh (sekitar 57 persen dari nilai harian per porsi), itulah sebabnya Anda harus memakannya selama musim dingin dan flu. Vitamin C juga membantu dalam pembentukan kolagen, protein yang menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Ini juga menghilangkan radikal bebas penyebab penyakit dan melawan infeksi.

manfaat belimbing dapat atasi peradangan www.herbaltama.net

2. Kurangi peradangan

Flavonoid dalam belimbing seperti quercetin, epicatechin, dan asam galat dapat membantu mencegah peradangan. Berkat sifat antioksidannya, senyawa ini menetralkan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan penyakit inflamasi. Vitamin C dalam belimbing bersifat anti inflamasi dan dapat mengurangi pembengkakan sendi.

3. Sumber serat yang baik

Wanita harus mengonsumsi sekitar 25 gram serat per hari, dan belimbing dapat membantu Anda mencapai tujuan ini. Satu porsi 100 gram menyediakan 2,8 gram serat, sedangkan buah jeruk mengandung 2,3. Selain itu, belimbing juga mengandung serat makanan yang tidak larut, yang menambah massa pada sistem pencernaan kita dan membantu kita tetap teratur.
Serat makanan mencegah penyerapan kolesterol jahat LDL di lapisan usus, yang mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan obesitas.

4. Rendah kalori, rendah karbohidrat, rendah gula

Starter buah adalah cara yang baik untuk pemakan rendah karbohidrat dan rendah gula. Buah belimbing berukuran sedang menyediakan lebih dari enam gram karbohidrat dan sekitar 3,62 gram gula. Bagi mereka yang pertama kali memulai diet rendah kalori, gaya ketogenik, belimbing adalah hal yang tepat. Satu porsi sedang hanya mengandung 28 kalori. Jadi, jangan malu menambahkan kelezatan manis dan asam ini saat Anda makan salad atau smoothie.

5. Bantu obati anemia

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, anemia sering terjadi pada anak-anak dan wanita hamil. Anemia defisiensi besi adalah jenis anemia yang paling umum, dan terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi. Zat besi diperlukan untuk membentuk sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Buah belimbing berukuran sedang hanya mengandung 0,08 miligram zat besi tetapi vitamin C memainkan peran utama dalam meningkatkan penyerapan zat besi. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi sel darah dan membantu mencegah kelelahan dan pusing, gejala klasik anemia.

6. Memiliki efek penghambatan pada mikroba

Karena adanya fitokimia seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan stimulan, belimbing memiliki sifat antimikroba, antibakteri dan antijamur. Dibandingkan dengan buah matang atau kurang matang, buah hijau atau mentah memiliki efek penghambatan yang lebih tinggi terhadap mikroba. Daun belimbing melawan bakteri gram positif (Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, Streptococcus mutans) dan gram negatif (Klebsiella pneumoniae, Proteus vulgaris, Pseudomonas aeruginosa).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *