Buah
Makanan Terbaik Untuk Tekanan Darah Tinggi

Makanan Terbaik Untuk Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah faktor risiko paling umum yang dapat dicegah untuk penyakit jantung. Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki tekanan darah tinggi, yang didefinisikan sebagai nilai tekanan darah sistolik (SBP) (angka atas) 130 mm Hg atau lebih, dan tekanan darah diastolik (DBP, angka bawah) lebih besar dari 80 mm Hg atau keduanya. Dengan mengubah gaya hidup, termasuk modifikasi pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke kisaran optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung. Diet bergizi dan sehat untuk jantung disarankan untuk semua orang dengan tekanan darah tinggi, termasuk mereka yang mengonsumsi obat penurun tekanan darah.Makanan Terbaik Untuk Tekanan Darah Tinggi hipertensi www.herbaltama.net

Diet sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tingkat optimal, dan penelitian telah menunjukkan bahwa memasukkan makanan tertentu dalam diet Anda, terutama yang kaya nutrisi spesifik seperti kalium dan magnesium, mengurangi tingkat tekanan darah.

Berikut adalah makanan terbaik untuk tekanan darah tinggi

1. Buah jeruk

Buah jeruk, termasuk jeruk bali, jeruk, dan lemon, mungkin memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Ini penuh dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

2. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Ikan berminyak adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik, yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan jantung. Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa yang menyempitkan pembuluh darah yang disebut oxylipins.

3. Chard Swiss

Lobak Swiss adalah sayuran berdaun hijau yang dikemas dengan nutrisi pengatur tekanan darah, termasuk kalium dan magnesium. Satu cangkir (145 gram) chard yang dimasak masing-masing menyediakan 17% dan 30% dari kebutuhan kalium dan magnesium harian Anda. Magnesium juga penting untuk mengatur tekanan darah. Ini membantu menurunkan tekanan darah melalui beberapa mekanisme, termasuk bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami, yang menghalangi pergerakan kalsium ke dalam sel-sel jantung dan arteri, memungkinkan pembuluh darah untuk rileks.

4. Biji labu

Biji labu mungkin kecil, tetapi mengandung banyak nutrisi. Mereka adalah sumber nutrisi terkonsentrasi yang penting untuk mengendalikan tekanan darah, termasuk magnesium, potasium, dan arginin, asam amino esensial untuk produksi oksida nitrat, yang penting untuk merelaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Minyak biji labu juga telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk tekanan darah tinggi.

5. Kacang dan lentil

Kacang-kacangan dan lentil kaya akan nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah, seperti serat, magnesium, dan potasium. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan dan lentil dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

6. Raspberry

Buah beri berkaitan dengan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk kemampuannya untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Buah beri adalah sumber antioksidan yang kaya, termasuk anthocyanin, yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah beri.

Antosianin telah terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul yang menyempitkan pembuluh darah, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Blueberry, raspberry, cranberry, cloudberry, dan stroberi hanyalah beberapa buah beri yang dikaitkan dengan efek penurunan tekanan darah.

7. Bayam

Makan biji-bijian seperti bayam dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.  Amaranth adalah gandum utuh yang sangat kaya akan magnesium. Satu cangkir yang dimasak (246 gram) menyediakan 38% kebutuhan magnesium harian Anda. Sup bayam juga mengurangi aterosklerosis, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

8. Pistachio

Pistachio sangat bergizi, dan mengonsumsinya berkaitan dengan tingkat tekanan darah yang sehat. Mereka kaya akan sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan pengaturan tekanan darah, termasuk potasium.

9. Wortel

Renyah, manis, dan bergizi, wortel adalah makanan pokok banyak orang. Wortel kaya akan senyawa fenolik, seperti asam klorogenat, coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Meskipun wortel bisa Anda nikmati dalam keadaan matang atau mentah, dengan memakannya secara mentah mungkin lebih bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Seledri

Makanan terbaik untuk tekanan darah tinggi selanjutnya adalah seledri. Seledri adalah sayuran populer yang mungkin memiliki efek positif pada tekanan darah. Ini mengandung senyawa  ftalat, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

11. Brokoli

Brokoli memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah. Sayuran ini penuh dengan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *