kesehatan
Manfaat Olahraga Teratur

Manfaat Olahraga Teratur

Latihan fisik yaitu setiap gerakan yang membuat otot Anda bekerja dan mengharuskan tubuh Anda untuk membakar kalori. Ada banyak jenis aktivitas fisik, termasuk berenang, berlari, jogging, berjalan, dan menari. Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama. Berikut adalah manfaat olahraga teratur bagi tubuh dan pikiran Anda.

manfaat olahraga untuk kesehatan anda www.herbaltama.net

1. Merasa lebih bahagia

Olahraga telah terbukti meningkatkan mood Anda dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, dan stres. Ini menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Ini juga dapat meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin, yang meredakan perasaan depresi. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi sensasi nyeri. Menariknya, tidak peduli seberapa intens latihannya. Tampaknya olahraga dapat bermanfaat bagi suasana hati Anda terlepas dari intensitas aktivitas fisiknya. Efek olahraga pada suasana hati begitu kuat sehingga memilih untuk berolahraga (atau tidak berolahraga) membuat perbedaan dalam jangka waktu yang singkat.

2. Bantu turunkan berat badan

Untuk memahami pengaruh olahraga terhadap penurunan berat badan, penting untuk memahami hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi (expenditure). Tubuh Anda mengeluarkan energi dalam tiga cara yaitu denganĀ  mencerna makanan dengan baik, menjaga fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasan. Saat berdiet, mengurangi kalori akan menurunkan tingkat metabolisme Anda, yang dapat menunda penurunan berat badan untuk sementara. Sebaliknya, olahraga teratur telah terbukti meningkatkan tingkat metabolisme Anda, yang dapat membakar lebih banyak kalori untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

3. Baik untuk otot dan tulang

Olahraga memainkan peran penting dalam membangun dan memelihara otot dan tulang yang kuat. Kegiatan seperti angkat besi dapat merangsang pembentukan otot ketika dipasangkan dengan jumlah protein yang cukup. Ini karena olahraga membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot Anda untuk menyerap asam amino. Ini membantu mereka tumbuh dan mengurangi kerusakan mereka.

Seiring bertambahnya usia, mereka cenderung kehilangan massa dan fungsi otot, yang dapat menyebabkan peningkatan risiko cedera. Aktivitas fisik secara teratur sangat penting untuk mengurangi kehilangan otot dan mempertahankan kekuatan seiring bertambahnya usia. Olahraga juga membantu membangun kepadatan tulang saat Anda lebih muda, serta membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari.

4. Meningkatkan energi

Manfaat olahraga selanjutnya yaitu dapat meningkatkan energi. Olahraga dapat menjadi penambah energi yang nyata bagi banyak orang, termasuk mereka yang memiliki berbagai kondisi medis. Olahraga juga dapat secara dramatis meningkatkan tingkat energi untuk orang dengan sindrom kelelahan kronis (CFS) dan kondisi kesehatan lainnya. Dan jangan lupakan manfaat kesehatan jantung dan paru-paru yang luar biasa dari olahraga. Latihan aerobik meningkatkan sistem kardiovaskular dan meningkatkan kesehatan paru-paru, yang dapat sangat membantu tingkat energi.

Semakin banyak Anda bergerak, semakin banyak darah yang dipompa jantung Anda, menyediakan lebih banyak oksigen untuk otot-otot kerja Anda. Dengan olahraga teratur, jantung Anda menjadi lebih efisien dan terampil dalam memindahkan oksigen ke dalam darah Anda, yang membuat otot Anda lebih efisien. Seiring waktu, latihan aerobik ini menghasilkan lebih sedikit permintaan pada paru-paru Anda, dan membutuhkan lebih sedikit energi untuk melakukan aktivitas yang sama. Selain itu, olahraga telah terbukti meningkatkan tingkat energi pada orang dengan kondisi lain, seperti kanker.

5. Mengurangi risiko penyakit kronis

Kurangnya aktivitas fisik secara teratur merupakan penyebab utama penyakit kronis. Olahraga teratur telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, kesehatan jantung, dan komposisi tubuh. Itu juga dapat mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. Lebih khusus lagi, olahraga dapat membantu mengurangi atau mencegah kondisi kesehatan kronis berikut ini.

  • Diabetes tipe 2.

Latihan aerobik secara teratur dapat menunda atau mencegah diabetes tipe 2. Ini juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan bagi penderita diabetes tipe 1. Pelatihan resistensi untuk diabetes tipe 2 mencakup peningkatan massa lemak, tekanan darah, massa tubuh tanpa lemak, resistensi insulin, dan kontrol glikemik.

  • Penyakit jantung

Olahraga mengurangi faktor risiko kardiovaskular dan juga merupakan pengobatan terapeutik untuk orang dengan penyakit kardiovaskular.

  • Kanker

Olahraga dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, kolorektal, endometrium, kandung empedu, ginjal, paru-paru, hati, ovarium, pankreas, prostat, tiroid, lambung, dan kerongkongan.
Tinggi lemak, Aktivitas fisik sedang dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik) sambil mempertahankan atau mengimbangi peningkatan kolesterol LDL jahat.

  • Tekanan darah tinggi

Berpartisipasi dalam latihan aerobik teratur dapat menurunkan tekanan darah sistolik istirahat sebesar 5-7 mmHg di antara orang-orang dengan tekanan darah tinggi.
Sebaliknya, kurangnya olahraga teratur, bahkan dalam jangka pendek dapat menyebabkan peningkatan lemak perut yang signifikan, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Itulah mengapa aktivitas fisik secara teratur dianjurkan untuk mengurangi lemak perut dan mengurangi risiko Anda terkena kondisi ini.

6. Jaga kesehatan kulit

Manfaat olahraga berikutnya yaitu menjaga kesehatan kulit. Kulit Anda dapat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh Anda. Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh tidak dapat memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh senyawa yang dikenal sebagai radikal bebas. Ini dapat merusak struktur sel dan berdampak negatif pada kulit Anda.

Meskipun aktivitas fisik yang intens dan ekstensif dapat berkontribusi pada kerusakan oksidatif, olahraga ringan yang teratur sebenarnya dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh, yang membantu melindungi sel. Dengan cara yang sama, olahraga dapat merangsang aliran darah dan merangsang adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda timbulnya penuaan kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *