kesehatan
Nutrisi Penting dan Mengapa Tubuh Anda Membutuhkannya

Nutrisi Penting dan Mengapa Tubuh Anda Membutuhkannya

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, nutrisi harus berasal dari makanan, dan mereka sangat penting untuk pencegahan penyakit, pertumbuhan dan kesehatan yang baik. Meskipun ada banyak nutrisi penting, mereka dapat dipecah menjadi dua kategori : makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien dikonsumsi dalam jumlah besar dan seperti protein, karbohidrat, dan lemak yang memasok energi bagi tubuh Anda. Sedangkan vitamin dan mineral adalah mikronutrien, dan dosis kecil sangat berguna. Ada enam kelompok utama zat gizi mikro dan zat gizi makro esensial.

Nutrisi Penting dan Mengapa Tubuh Anda Membutuhkannya 1 www.herbaltama.net

1. Protein

Protein menyediakan bahan pembangun tubuh, dan bukan hanya untuk otot. Setiap sel, dari tulang hingga kulit hingga rambut, mengandung protein. Protein bermanfaat terutama untuk pertumbuhan, kesehatan, dan pemeliharaan tubuh. Semua hormon, antibodi, dan zat penting lainnya terdiri dari protein. Protein tidak digunakan untuk membakar tubuh kecuali diperlukan.

Protein terdiri dari asam amino yang berbeda. Sementara tubuh dapat membuat beberapa asam amino sendiri, ada banyak asam amino esensial yang hanya dapat diperoleh dari makanan. Anda membutuhkan berbagai asam amino agar tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Sementara daging, ikan, dan telur adalah sumber asam amino esensial dan nutrisi yang baik, Anda juga bisa mendapatkan protein dari sumber nabati seperti kacang-kacangan, kedelai, kacang-kacangan, dan beberapa biji-bijian. Jumlah protein yang Anda butuhkan setiap hari tergantung pada berbagai faktor termasuk tingkat aktivitas dan usia Anda.

2. Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh terutama sistem saraf pusat, otak, dan melindungi dari penyakit. Beberapa karbohidrat lebih sehat daripada yang lain seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran serta buah-buahan yang kaya serat daripada biji-bijian olahan dan produk dengan tambahan gula.

3. Lemak

Lemak sering mendapat cap buruk, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa lemak sehat adalah bagian penting dari diet sehat. Memasukkan lemak sehat dalam diet Anda dapat membantu Anda menyeimbangkan gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, dan meningkatkan fungsi otak Anda. Ini juga merupakan anti-inflamasi yang kuat, dan dapat mengurangi risiko radang sendi, kanker, dan penyakit Alzheimer.

Sumber daya yang sehat
Lemak tak jenuh yang paling terkenal adalah asam lemak omega-3 dan omega-6. Lemak tak jenuh penting bagi tubuh Anda karena mereka memasok asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda. Anda bisa mendapatkan lemak sehat ini dalam kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan minyak sayur (seperti zaitun, alpukat, dan biji rami). Hindari lemak trans dan batasi asupan lemak jenuh hewani seperti mentega, keju, daging merah, dan es krim.

4. Vitamin

Vitamin penting untuk menangkal penyakit dan tetap sehat. Tubuh membutuhkan mikronutrien ini untuk mendukung fungsinya. Ada 13 vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik, termasuk vitamin A, C, B6, dan D. Setiap vitamin memainkan peran penting dalam tubuh, dan tidak mendapatkan cukup vitamin dapat menyebabkan masalah kesehatan dan penyakit.

5. Mineral

Mineral, seperti vitamin, membantu mendukung tubuh. Mereka sangat penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk membangun tulang dan gigi yang kuat, mengatur metabolisme, dan tetap terhidrasi dengan baik. Beberapa mineral yang paling umum adalah kalsium, zat besi, dan seng.

Selain memperkuat tulang, kalsium membantu mengirimkan sinyal saraf, menjaga tekanan darah yang sehat, serta kontraksi dan relaksasi otot. Zat besi mendukung sel darah merah dan pembentukan hormon, sementara seng meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan penyembuhan luka.

6. Air

Anda bisa pergi tanpa makanan selama berminggu-minggu, tetapi Anda tidak bisa hidup lebih dari beberapa hari tanpa air. Air sangat penting untuk setiap sistem dalam tubuh Anda. Sekitar 62 persen dari berat badan Anda adalah air.

Air meningkatkan fungsi otak dan suasana hati dan juga membantu membuang racun, mengangkut nutrisi ke dalam sel, menghidrasi tubuh, dan mencegah sembelit. Bahkan dehidrasi ringan dapat membuat Anda merasa lelah dan mengganggu konsentrasi dan kinerja fisik Anda. Anda tidak perlu minum air untuk tetap terhidrasi. Buah-buahan dan sayuran juga bisa menjadi sumber yang bagus. Makanlah bayam atau semangka untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda terhidrasi dengan baik adalah dengan warna dan volume urin Anda. Jika urin tidak sering dan berwarna kuning pucat atau hampir jernih, maka Anda membutuhkan lebih banyak air.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *