kesehatan
Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

Selada air adalah daun hijau yang sering diabaikan karena mengandung nutrisi yang kuat. Daunnya yang kecil dan bulat serta batangnya yang dapat dimakan memiliki rasa yang unik. Selada air adalah bagian dari keluarga kubis, yang juga termasuk kubis Brussel. Berikut adalah manfaat selada air untuk kesehatan yang luar biasa.

Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

manfaat selada air untuk kesehatan www.herbaltama.net

1. Nutrisi, terutama Vitamin K

Selada air rendah kalori tetapi mengandung berbagai macam nutrisi. Kepadatan nutrisi adalah ukuran nutrisi yang dikandung makanan dalam kaitannya dengan jumlah kalori yang disediakannya. Oleh karena itu, selada air merupakan makanan yang sangat padat nutrisi. Satu cangkir (34 gram) selada air mengandung yang berikut ini :

  • Kalori: 4
  • Karbohidrat: 0,4 gram
  • Vitamin K: 106% dari RDI
  • Protein: 0,8 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Serat: 0,2 gram
  • Vitamin A: 22% dari Referensi Asupan Harian (RDI);;
  • Kalsium: 4% dari RDI
  • Mangan: 4% dari RDI
  • Vitamin C: 24% dari RDI

Seperti yang Anda lihat, satu cangkir (34 gram) selada air menyediakan lebih dari 100% RDI untuk vitamin K, vitamin larut lemak yang penting untuk pembekuan darah dan tulang yang sehat. Selada air juga mengandung sejumlah kecil vitamin E, thiamin, riboflavin, vitamin B6, folat, asam pantotenat, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan tembaga.

2. Kandungan antioksidan yang tinggi

Selada air penuh dengan senyawa antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan sel yang penyebabnya karena radikal bebas, yang merupakan molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif berkaitan dengan banyak penyakit kronis termasuk diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskular. Untungnya, diet yang kaya akan makanan kaya antioksidan seperti selada air dapat membantu melindungi dari stres oksidatif, yang dapat mengurangi risiko penyakit ini.

3. Mencegah beberapa jenis kanker

Karena selada air mengandung fitokimia yang tinggi, selada air dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Selada air dan sayuran silangan lainnya mengandung glukosinolat, yang diaktifkan menjadi senyawa yang disebut isothiocyanates saat diiris dengan pisau atau dikunyah. Isothiocyanate termasuk bahan kimia seperti sulforaphane dan phenethyl isothiocyanate (PEITC). Senyawa ini melindungi terhadap kanker dengan melindungi sel-sel sehat dari kerusakan, menonaktifkan bahan kimia penyebab kanker dan mencegah pertumbuhan dan penyebaran tumor. Isothiocyanate dalam selada air telah terbukti mencegah kanker usus besar, paru-paru, prostat, dan kulit.

4. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Selada air mengandung 15 mg vitamin C per cangkir (34 gram), yang merupakan 20% dari RDI untuk wanita dan 17% untuk pria. Vitamin C terkenal karena efek menguntungkannya pada kesehatan kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C telah berkaitan dengan penurunan fungsi kekebalan dan peningkatan peradangan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi.

5. Menjaga kesehatan mata

Selada air mengandung lutein dan zeaxanthin, dua senyawa antioksidan dalam keluarga karoten. Secara khusus, ini melindungi mata Anda dari kerusakan akibat cahaya biru. Lutein dan zeaxanthin juga telah berkaitan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia dan katarak. Selain itu, vitamin C dalam selada air juga terkait dengan risiko lebih rendah terkena katarak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *