kesehatan
Manfaat Asam Folat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Asam Folat Untuk Kesehatan Tubuh

Asam folat adalah vitamin B9 yang ditemukan secara alami di beberapa buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Peran asam folat yang paling penting adalah untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir. Selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Ulasan berikut ini kami akan mengeksplorasi manfaat asam folat dan memahami bagaimana cara mencegahnya jika kekurangan.

Folat dalam makanan dan asam folat dalam suplemen mengawasi banyak reaksi biokimia penting dalam tubuh Anda. Vitamin ini bertanggung jawab untuk sintesis sel darah merah dalam mencegah anemia, penyakit jantung dan ginjal. Berikut adalah manfaat asam folat :

Manfaat Asam Folat

manfaat asam folat untuk kesehatan Anda www.herbaltama.net

1. Mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi baru lahir

Cacat tabung saraf (NTDs) adalah malformasi kongenital kompleks umum dari sistem saraf pusat (SSP). Ini hasil dari kegagalan untuk menutup tabung saraf selama embriogenesis (embriogenesis).

Hanya 1% anak yang lahir dengan NTD terbuka tidak memiliki disabilitas. Anak-anak ini biasanya menjalani anestesi untuk kulit dan kelainan bentuk pinggul, lutut, dan kaki. Mereka memiliki kemampuan yang kurang untuk berjalan, memiliki sedikit atau tidak ada kontrol usus dan/atau kandung kemih, dan memerlukan intervensi bedah.

Percobaan acak sangat merekomendasikan suplementasi asam folat untuk semua wanita yang pernah mengalami kehamilan yang terpengaruh. Juga, vitamin ini terlibat dalam jalur metilasi. Metilasi beberapa enzim dan protein mungkin penting untuk perakitan tabung saraf.

2. Mengurangi risiko kanker

Asam folat memainkan peran penting dalam sintesis DNA dan RNA, metilasi, dan diferensiasi sel. Semua elemen ini penting untuk fungsi tubuh Anda. Salah satu manifestasi umum dari penyimpangan molekuler ini adalah kanker.

Kanker diyakini muncul dari kerusakan DNA dan ekspresi gen yang salah/tidak terkontrol. Mengingat perannya dalam sintesis dan metilasi DNA dan RNA, ada kemungkinan bahwa asupan folat yang tidak mencukupi berkontribusi terhadap kanker. Kekurangan nukleotida dan kegagalan untuk mengontrol kerusakan perbaikan DNA dapat menyebabkan tumor.

Bukti eksperimental menghubungkan defisiensi folat dengan karsinoma spesifik lokasi. Dengan demikian, makan buah dan sayuran yang kaya asam folat dapat mengurangi kejadian kanker.

3. Mengatasi anemia anak dan wanita

Asam folat membantu menghasilkan sel darah merah baru (eritrosit). Sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup sel darah merah, Anda dapat mengalami anemia (megaloblastik).

Wanita yang memiliki kekurangan folat 40% lebih mungkin untuk mengembangkan anemia daripada rekan-rekan wanita mereka. Hal ini menunjukkan pentingnya asam folat dalam sintesis sel darah merah (eritropoiesis). Asam folat, dalam bentuk 5,10metilen-THF (tetrahydrofolate), diperlukan untuk sintesis nukleotida DNA

Ketika terjadi defisiensi asam folat, terjadi penurunan ketersediaan 5,10metilen-THF. Kekurangan ini juga mencegah sintesis DNA. Sel darah merah dibuat di sumsum tulang, di mana tingkat pembelahan sel sangat tinggi. Jika asam folat kurang, hanya sel prekursor yang dapat membelah, tetapi materi genetik tidak. Ini menghasilkan peningkatan volume intraseluler tetapi bukan materi genetik. Dengan demikian, sel darah merah tampak bengkak, menyebabkan anemia megaloblastik.

Dengan demikian, suplementasi asam folat dapat mengurangi anemia. Hal ini diperlukan untuk orang tua dan wanita hamil. Mereka memiliki peluang lebih tinggi terkena anemia karena kehilangan darah menstruasi selama bertahun-tahun dan permintaan nutrisi yang lebih tinggi.

4. Diperlukan selama kehamilan dan persalinan

Karena sangat penting untuk sintesis DNA dan protein, asam folat memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin. Itulah mengapa ada peningkatan permintaan asam folat pada ibu hamil. Jika asam folat cukup, sel-sel embrio membelah dan berdiferensiasi menjadi jaringan dan organ.

Tabung saraf adalah salah satu struktur tertua yang terbentuk. Struktur ini awalnya datar tetapi terbentuk menjadi tabung setelah hanya satu bulan kehamilan. Tabung saraf berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang. Tanpa asam folat yang cukup, sel-sel dalam struktur ini tidak dapat tumbuh dengan baik, dan transformasi tabung ini menjadi tulang belakang dan otak tidak akan sempurna. Hal ini menyebabkan cacat tabung saraf.

5. Membantu Mengelola Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS (PCOS) mempengaruhi setidaknya 10-15% wanita usia subur. Ini mengurangi kualitas telur. PCOS adalah salah satu faktor yang bertanggung jawab atas kegagalan IVF. Terapi hormon dan perubahan gaya hidup dan diet dapat membantu. Wanita dengan PCOS harus makan lebih banyak asam folat, vitamin D, C dan B12, serat makanan, kalsium, kalium, magnesium dan seng.

Mereka harus mengurangi konsumsi lemak total, asam lemak jenuh dan kolesterol karena makanan ini dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan kencing manis. Mereka akhirnya dapat memperburuk disfungsi ovarium. Pasien yang menjalani perawatan IVF menunjukkan tingkat pembuahan yang lebih baik dan kualitas embrio yang lebih baik. Asam folat juga memulihkan ovulasi pada sejumlah kecil wanita.

6. Mengontrol kerontokan rambut

Asam folat membantu memproduksi sel darah merah dan memfasilitasi pengangkutan oksigen ke tubuh Anda. Anda mungkin melakukan hal yang sama dengan jaringan pembentuk rambut. Asam folat dapat merangsang proliferasi sel folikel rambut. Ini dapat mencegah rambut beruban dan mengatur kelenjar sebaceous di kulit kepala.

Makan bit, kangkung, kubis Brussel, kacang hijau, kacang putih, asparagus, kangkung, dan telur dapat meningkatkan kadar folat pada wanita. Melengkapi diet Anda dengan 400-1000 mikrogram asam folat adalah cara lain untuk menghentikan kerontokan rambut.

7. Membantu mengatasi depresi dan kecemasan

Salah satu manfaat asam folat adalah menginduksi reaksi metilasi. Kebanyakan biomolekul membutuhkan metilasi untuk menjadi aktif secara biologis. Bentuk aktif dari folat/folat, 5-metil-THF, menambahkan residu metil dan memulai reaksi tersebut.

Neurotransmitter sistem saraf pusat (SSP) Anda juga perlu dimetilasi setelah sintesisnya. Anda akan membutuhkan asam folat yang cukup pada saat ini. Telah terbukti bahwa kadar folat yang rendah dapat menyebabkan episode depresi dan kecemasan yang parah dan berkepanjangan.

Cara lain asam folat dapat membantu adalah dengan mengurangi kadar homosistein. Peningkatan kadar homosistein dalam tubuh Anda menyebabkan stres oksidatif pada otak dan sistem saraf pusat. Suplementasi asam folat dapat menurunkan kadar homosistein dan stres oksidatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *