kesehatan
Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Paru dan Pernapasan

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Paru dan Pernapasan

Gangguan pernapasan semakin meningkat. Polusi dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebabnya. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, tiga juta orang terkena penyakit pernapasan setiap tahun. Tapi jangan khawatir, makan makanan tertentu untuk paru-paru yang sehat dan beberapa perubahan gaya hidup dapat membantunya. Pelajari lebih lanjut tentang makanan terbaik untuk kesehatan paru dan pernapasan Anda.

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Paru dan Pernapasan

makanan terbaik untuk kesehatan paru dan pernapasan brokoli www.herbaltama.net

1. Bawang Putih

Allicin adalah nutrisi utama yang ditemukan dalam bawang putih dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Bawang putih memiliki sifat antimikroba, antikanker, dan penurun tekanan darah. Konsumsi 2-3 siung bawang putih setiap hari dalam kari, salad, dan saus salad untuk membantu melindungi paru-paru Anda dari infeksi dan penyakit.

2. Bayam

Bayam dan sayuran berdaun gelap lainnya seperti kangkung, lobak, bayam, selada air, dan lobak hijau memiliki vitamin dan mineral. Para ilmuwan telah menemukan bahwa bayam mengandung fitokimia yang membantu mencegah oksidasi, mengurangi peradangan, dan melawan kanker. Makan setidaknya secangkir bayam setiap hari membantu meningkatkan kekebalan Anda dan menjaga paru-paru Anda dalam kondisi yang baik.

3. Apel

Apel kaya akan antioksidan dan fitokimia (seperti katekin, asam klorogenat, dan fluoridin) yang membantu mengurangi risiko asma, kanker, peradangan, dan penyakit kardiovaskular. Konsumsilah apel setiap hari untuk sarapan atau sebagai camilan agar paru-paru tetap sehat.

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon liar, mackerel, ikan mas, dan haddock kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Ini dikenal sebagai PUFA atau asam lemak tak jenuh ganda karena mengandung lebih dari satu ikatan rangkap dalam struktur kimianya. PUFA mengandung sifat anti-inflamasi, anti-kanker, antioksidan, dan pelindung jantung. Makan ikan berlemak atau mengonsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

5. Jahe

Jahe adalah salah satu pengobatan rumah tepercaya untuk pilek dan sakit tenggorokan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa jahe mengandung senyawa aktif secara biologis, gingerol. Senyawa ini bertanggung jawab atas rasa pedas jahe. Gingerol juga membantu mencegah asma, pilek, migrain, dan tekanan darah tinggi. Cara terbaik untuk mengambil manfaat jahe adalah dengan menghancurkan satu inci jahe dan menambahkannya ke dalam air, dapat Anda konsumsi pagi hari.

6. Raspberry

Buah beri, seperti stroberi, cranberry, cranberry, dan blackberry, mengandung asam fenolik, flavonoid, tanin, asam askorbat, dan fitokimia bermanfaat lainnya. Ini membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan, melindungi jantung, dan melawan berbagai jenis kanker. Konsumsi buah beri dalam smoothie, tambahkan ke hidangan sarapan, atau jadikan sebagai camilan.

7. Brokoli

Brokoli menjadi sumber sulforaphane (SFN) yang baik, yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antikanker, dan antimikroba. SFN juga telah ditemukan untuk mencegah kanker paru-paru, perut, dan payudara. Konsumsi cangkir brokoli kupas atau panggang setiap hari untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

8. Jeruk

Makanan terbaik untuk kesehatan paru dan pernapasan yaitu jeruk. Jeruk dapat meningkatkan penurunan berat badan dan banyak manfaat kesehatan. Buah rendah kalori ini merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, thiamin, asam folat, dan magnesium yang baik. Ini juga mengandung flavonol bioaktif, Naringenin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Makan setidaknya setengah jeruk untuk sarapan dapat membantu membuang racun dari tubuh dan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

9. Kunyit

Kunyit telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu meringankan berbagai masalah kesehatan. Curcumin, bahan aktif utama, bertanggung jawab atas semua manfaat yang ditawarkan kunyit. Ini adalah antioksidan, anti-inflamasi dan antimikroba. Sifat-sifat ini membuat kunyit ideal untuk menangkal gangguan inflamasi, kanker, dan obesitas. Konsumsi satu inci kunyit waktu pagi hari atau tambahkan bubuk kunyit yang dapat dimakan ke smoothie, saus salad, dan kari.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, biji-bijian memiliki dua kesamaan mereka adalah sumber protein yang bagus, dan mereka memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsinya, Anda akan dapat mengurangi peradangan, kolesterol, tekanan darah dan mengelola obesitas visceral. Konsumsi sekitar setengah cangkir kacang dan segenggam kacang dan biji-bijian setiap hari.

11. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E, K, B6, riboflavin, asam pantotenat, dan niasin dan sarat dengan asam lemak tak jenuh ganda. Vitamin ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Faktanya, para ilmuwan telah menemukan bahwa makan alpukat dapat membantu mengurangi radang sendi, yaitu peradangan pada persendian. Konsumsilah setengah buah alpukat setiap hari agar tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *