Sayur
Manfaat Buncis Untuk Kesehatan, Baik Untung Jantung dan Ibu Hamil

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan, Baik Untung Jantung dan Ibu Hamil

Manfaat buncis untuk kesehatan sangat beragam. Sayuran ini memiliki harga terjangkau dan mudah untuk diolah dalam berbagai masakan Indonesia. Buncis memiliki tekstur yang tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lunak. Ada beberapa alasan untuk memasukkan sayuran buncis ke dalam menu harian Anda. Mulai dari harganya yang terjangkau, mudah didapat, rasa yang enak serta mudah diolah dengan berbagai cara. Selain beberapa keuntungan yang ada, Anda dapat juga merasakan manfaat buncis untuk kesehatan.

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

manfaat buncis www.herbaltama.net

1. Kesehatan jantung

Tidak hanya sebagai sumber serat makanan penurun kolesterol yang sangat baik, buncis juga memiliki vitamin antioksidan A dan C yang benar-benar membantu menghindari oksidasi kolesterol. Serts merupakan sumber potasium serta magnesium yang sangat baik untuk menstabilkan tingkat tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

2. Membangun tulang yang kuat

Meskipun buncis hanya mengandung sedikit kalsium, satu porsi menyediakan seperempat kebutuhan vitamin K,  vitamin yang dibutuhkan untuk tulang yang kuat dan seimbang. Buncis juga bisa menjadi sumber magnesium yang sangat baik, yang terlibat dalam sejumlah respons penting untuk kesehatan tulang.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Buncis biasanya sarat dengan serat dan juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga membantu menghindari perbedaan cepat dalam kadar glukosa darah yang sangat cocok untuk penderita diabetes maupun non-diabetes. Mengganti buncis dengan kentang putih, nasi putih, atau bahkan pasta adalah pilihan yang lebih sehat.

4. Meningkatkan kesehatan usus besar

Serat buncis membantu meningkatkan kesehatan usus besar terutama karena memiliki kualitas untuk bergabung dengan racun karsinogenik dan membuangnya melalui tubuh sebelum dapat merusak sel-sel usus.

5. Anti-inflamasi

Buncis mengandung komponen anti-inflamasi yang membuatnya bagus untuk penyakit inflamasi yang terjadi bersamaan, seperti radang sendi dan asma.

6. Makanan berserat tinggi

Buncis sangat kaya serat makanan (RDA per 100g 9%) yang dapat membantu melancarkan buang air besar dan juga bermanfaat dalam melindungi selaput lendir usus besar. Selain itu, serat makanan telah terbukti mengurangi kadar kolesterol hanya dengan mengurangi kolesterol dan menyerap kembali asam empedu yang bergabung di dalam usus besar.

7. Baik untuk ibu hamil

Selain manfaat intrinsik kesehatan serta sifat serangan yang dapat mencegah beberapa jenis penyakit. Buncis banyak mengandung asam folat, yang telah menjadi zat penting untuk digunakan oleh ibu hamil. Ibu hamil biasanya disarankan untuk mengonsumsi buncis secara rutin sejak awal kehamilan atau mungkin sebelum ibu hamil. Karena khasiat asam folat di dalamnya sangat bagus untuk perkembangan saraf dan otak pada bayi di dalam kandungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *