Herba
Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan

Kayu secang memiliki nama latin Caesalpinia SappanĀ banyak ditemukan di Asia Tenggara dan kayu keringnya dapat bermanfaat sebagai ramuan tradisional untuk mewarnai makanan dan minuman yang sebagai obat rumahan untuk mengobati penyakit tertentu. Kayu ini biasanya diserut dan dijemur terlebih dahulu sebelum menyeduhnya dengan air hangat menjadi teh herbal atau wedang.

Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan www.herbaltama.net

Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan

1. Sifat antimikroba

Brazilian, senyawa aktif yang ditemukan dalam kayu secang, memiliki sifat antimikroba yang sangat kuat, dan efektif melawan tiga jenis bakteri penyebab kanker terutama Streptococcus mutans, bakteri karsinogenik paling parah yang menyebabkan kerusakan gigi. Menggunakan ekstrak kayu secang sebagai obat kumur secara signifikan dapat mencegah kerusakan gigi.

2. Antioksidan kuat

Manfaat kayu secang memiliki sifat antioksidan yang kuat dan konsumsi teratur membantu secara signifikan dalam mengurangi stres oksidatif. Serta juga membantu mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh penuaan kulit. Protosappanin A, senyawa biosintetik penting dari ekstrak kayu secang secara signifikan menghambat stres oksidatif dan nitrosatif yang merupakan penyebab utama banyak penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Saponin A, senyawa yang ditemukan dalam ekstrak kayu secang juga memiliki efek perlindungan pada otak kita dan membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

3. Penyakit metabolik

Diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi adalah semua penyakit metabolik dan kayu secang membantu mengatasi ketiga penyakit ini. Ekstrak kayu secang membantu mengurangi kadar gula darah tinggi.

3. Sifat anti maag

Air rendaman kayu secang memiliki sifat pelindung lambung dan telah digunakan secara tradisional untuk mengobati bisul.

4. Sifat anti kanker

Efektif melawan banyak garis sel kanker termasuk kanker kolorektal. 3-DSC, komponen dalam kayu secang menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar. 3-DSC juga efektif melawan sel kanker esofagus manusia. Brazilian menyebabkan kematian sel kanker dan efektif melawan glioblastoma multiforme (GBM), kanker pada sistem saraf. Brazilian juga efektif melawan garis sel kanker serviks, paru-paru, payudara, dan hati.

5. Merawat kulit

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan Brazilian melindungi kulit dari sinar UV dan penuaan kulit akibat UV. Kita dapat menggunakan ekstrak kayu secang dalam paket wajah dan serum kita secara teratur untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan karena memiliki sifat anti-bakteri, dan juga membantu dalam mengobati jerawat.

6. Sifat anti-inflamasi

Beberapa senyawa yang ditemukan dalam kayu manis memiliki sifat anti inflamasi antara lain brazilian dan saponone. Sangat baik untuk menyembuhkan luka dan membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit segera jika digunakan sebagai pencuci luka. Orang yang menderita radang sendi dan infeksi akan mendapat manfaat besar dari mengonsumsi air rendaman kayu manis secara teratur.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *