Rempah
Adas Bintang Untuk Kesehatan & Kebugaran

Adas Bintang Untuk Kesehatan & Kebugaran

Rempah-rempah datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan adas bintang adalah contoh utama. Bahan populer dalam masakan Asia, adas bintang atau bunga lawang terus meningkat popularitasnya. Warna gelap, bentuk bintang, dan rasa seperti licorice membedakan bunga lawang dari bumbu dan rempah kuliner lainnya. Selain rasanya yang unik, bunga lawang telah lama digunakan sebagai obat flu biasa, infeksi bakteri, pengusir nyamuk, serta meningkatkan pencernaan dan kualitas tidur. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang latar belakang dan manfaat dari rempah berbentuk bintang yang eksotis ini.

Sejarah adas bintang

Buah berbentuk bintang berasal dari 3000 tahun yang berkembang di iklim dan kondisi tanah di Cina selatan dan Asia Tenggara. Selain meningkatkan rasa manis dan gurih, buah ini memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional Timur. Banyak manfaat adas bintang bertujuan untuk meningkatkan pencernaan dan melindungi dari infeksi.

adas bintang untuk kesehatan tubuh www.herbaltama.net

Pada tahun 1578, pelaut Inggris Thomas Cavendish membawa buah berbentuk bintang dari Filipina ke Eropa, tanpa menyadari bahwa buah tersebut berasal dari Cina selatan. Rasa licorice digunakan untuk meningkatkan puding, sirup, dan pengawet buah. Juga, orang Eropa menggunakan sifat aromatik adas bintang untuk menghasilkan berbagai minuman termasuk Ouzo Yunani, Galliano Italia, Pernod, Pastis Prancis, dan Absinthe Swiss.

Seiring berjalannya waktu, popularitas adas bintang menyebar ke berbagai daerah. India dan Thailand termasuk di antara negara-negara di mana rempah-rempah ini berakar abadi di dapur mereka. Saat ini, Cina memproduksi 80% hingga 90% adas bintang dunia. Produsen rempah-rempah lainnya adalah Vietnam, India, Meksiko, Turki, dan Mesir.

Apa itu adas bintang atau bunga lawang ?

Adas bintang adalah buah berbentuk bintang yang tumbuh di pohon yang secara ilmiah disebut Illicium verum. Sesuai dengan namanya, bentuk bintang mengandung lima hingga sepuluh penunjuk, yang masing-masing mengandung biji. Pohon adas bintang cukup kecil tetapi tumbuh sepanjang tahun dan biasanya berbuah di musim gugur.

Banyak senyawa aktif dalam bunga lawang berkontribusi pada daftar manfaat kesehatan yang luas dan telah digunakan oleh obat-obatan tradisional Asia selama berabad-abad. Salah satu senyawa utama dalam bunga lawang adalah asam shikimat, yang merupakan bahan utama yang digunakan selama 15 tahun terakhir serta dalam pembuatan obat antivirus oseltamivir, yang dikenal dengan nama umum Tamil Flu. Selain asam shikimat, adas bintang mengandung sejumlah bahan kuat lainnya yang telah dikaitkan dengan berbagai khasiat penyembuhan termasuk :

  1. Anti-inflamasi (mengurangi rasa sakit dan pembengkakan otot dan sendi – rheumatoid arthritis);
  2. Mengurangi stres tubuh (mengurangi gejala depresi dan kecemasan);
  3. Meningkatkan tidur
  4. Mempromosikan pencernaan.
  5. Anti virus, anti bakteri dan anti jamur yang ampuh.
  6. Mempromosikan kulit yang sehat (agen antimikroba yang baik);
  7. Mengatur tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.
  8. Meningkatkan kesehatan tulang.
  9. Sifat melawan kanker.

Apa Manfaat Adas Bintang ?

Adas bintang memiliki rasa aromatik dan manis yang membuatnya populer di kalangan masakan Asia dan Asia Selatan. Senyawa aktif dengan profil bau dan rasa yang manis juga memiliki banyak khasiat obat. Dari pengobatan Cina dan Ayurveda kuno hingga ilmu pengetahuan modern, penelitian dan aplikasi adas bintang terus berkembang, mengidentifikasi lebih banyak manfaat. Mari kita lihat lebih dekat kekuatan bumbu umum yang eksotis ini.

Karena bunga lawang adalah rempah-rempah yang paling menonjol di Timur, sebagian besar bukti berbasis penelitian berasal dari Asia. Baik adas bintang dan adas manis adalah bumbu yang berbeda, tetapi mereka memiliki beberapa fitonutrien yang sama seperti anethole dan linalool.

Manfaat antioksidan
Tubuh adalah mesin kompleks yang menciptakan, mengubah, menyimpan, dan memecah berbagai senyawa dan komponen seluler melalui jaringan jalur biokimia yang luas.┬áRadikal bebas tidak selalu merupakan hal yang buruk, seperti kata pepatah “semuanya dalam jumlah sedang”.

Sistem kekebalan tubuh kita menggunakan radikal bebas sebagai strategi perlindungan terhadap penjajah asing. Tetapi ketika tingkat ROS meningkat, mereka bereaksi dan mencuri elektron dari senyawa di dalam sel, merusak dan mengacaukan integritas struktural. Sel dan jaringan yang rusak memicu respons imun yang lebih besar melalui peradangan untuk menghentikan dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan

Senyawa yang sama yang mengeluarkan rasa manis seperti licorice menghasilkan banyak manfaat kesehatan. Antioksidan ini meliputi :

  • Anethole
  • Caryophyllene
  • Linalool
  • Estragol
  • Limonene

Bunga lawang juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin C serta beberapa B-kompleks (tiamin, piridoksin, riboflavin, dan niasin). Beberapa vitamin ini datang dalam konsentrasi tinggi dan merupakan antioksidan kuat (seperti vitamin E dan C). Serta sumber mineral yang baik termasuk tembaga, besi, kalsium, kalium, mangan, selenium, seng dan magnesium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *