Rempah
Manfaat Temu Mangga yang Wajib Anda Tau !

Manfaat Temu Mangga yang Wajib Anda Tau !

Temu mangga (Curcuma mangga) famili Zingiberaceae adalah tanaman asli daerah Indonesia. Dinamanakan temu mangga karena aroma rimpangnya spesifik seperti aroma mangga, dapat dikonsumsi sebagai simplisia. Temu mangga atau kunyit mangga merupakan rempah-rempah yang berkhasiat mirip dengan temu putih atau kunyit putih. Rimpangnya bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada perut, mengatasi penyakit kanker, dan penambah nafsu makan. Ciri khas tanaman ini adalah umbinya (yang berwarna kuning dan berbintik seperti jahe) dan juga memiliki bau khas seperti mangga.

Nutrisi

  • tanin
  • kurkumin
  • gula
  • minyak atsiri
  • damar
  • flavonoid
  • protein

Manfaat Temu Mangga Yang Wajib Anda Tau !!! www.herbaltama.net

Manfaat Temu Mangga

1.Mencegah kanker

Caranya dengan mencuci bersih 100 gram rimpang temu mangga segar, kemudian parut. Peras hasil parutan tersebu kemudian disaring lalu diminum

2. Meremajakan kulit

Mengonsumsi rimpang ini dengan teratur maka akan membuat kulit tampak bersinar, lembab dan terlihat lebih muda. Kandungan vitamin E mampu menjaga keremajaan kulit. Vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan yang bisa meregenerasi sel mati. Sehingga membantu memperbaiki sel yang rusak secara optimal.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Rimpang ini tidak hanya mengandung vitamin E, namun juga tinggi vitamin C. Vitamin ini mempunyai peran penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan imun. Jika tubuh tinggi vitamin C, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

4. Memperlancar siklus menstruasi

Wanita yang mengalami menstruasi tak teratur atau lebih dari 35 hari masa menstruasi dapat menyebabkan nyeri yang lebih dari biasanya. Kunyit mangga juga memiliki sifat emmenagogue yang menstimulasi aliran darah di area panggul dan rahim.

5. Mengatasi nyeri

Hal yang umum terjadi pada wanita saat akan atau sedang menstruasi biasanya mengalami nyeri pada bagian perut, panggul, payudara, sampai punggung bawah. Kunyit memiliki sifat analgesik dari kunyit ternyata dapat mengurangi rasa nyeri saat sedang menstruasi. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat menghambat hormon yang menyebabkan rasa nyeri dan peradangan.

6. Mengatasi kram perut

Manfaat temu mangga berikutnya yaitu atasi kram perut. Gangguan seperti kram perut merupakan salah satu hal yang sangat dihindari oleh wanita saat menstruasi. Biasanya wanita yang mengalami kram perut akan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Kunyit memiliki sifat antispasmodik dapat membantu meredakan gejala PMS (premenstrual syndrome) seperti kram perut atau nyeri haid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *