Herba
Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Sirih merah merupakan tanaman yang berasal dari Sulawesi, Indonesia. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan memiliki segudang manfaat sirih merah (Piper crotatum) sebagai obat ramuan herbal. Daun sirih merah ini memiliki warna kemerahan dengan corak yang indah pada daunnya.

Cara pengolahan daun sirih merah dengan direbus. Air rebusannya dapat digunakan untuk pengobatan herbal dan ada juga daun sirih merah yang dibakar sedikit saja bagiannya untuk di tempelkan pada daerah yang sakit.

Berikut beberapa manfaat rebusan daun sirih merah.

Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah

1.Obat jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang memproduksi kelenjar minyak secara berlebihan yang kemudian bercampur dengan polusi sehinga menimbulkan jerawat.

2.Mengobati sakit gigi

Cara pengolahan daun sirih merah untuk sakit gigi adalah sediakan 3 lembar daun sirih merah lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah hasil rebusan tinggal satu gelas maka saring air rebusan tersebut, tunggu sampai dingin kemudian kumur-kumur dengan air rebusan tersebut. Lakukan sampai rasa sakit gigi perlahan menghilang.

Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan www.herbaltama.net

3. Mencegah infeksi bakteri

Mencegah infeksi bakteri juga merupakan manfaat daun sirih merah. Penelitian menyebutka bahwa fenol dan flavonoid dalam daun sirih merah memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri Staphylococcus, yang dapat menyebabkan infeksi methicilin-resistant Staphylococcus aereus (MRSA).

4. Melawan radikal bebas

Kandungan flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid dalam daun sirih merah memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang berlebih yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

5. Mengobati diabetes

Daun sirih merah juga sudah lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi penyakit diabetes. Penelitian menyebutkan bahwa daun sirih merah mampu menurunkan kadar gula berlebih dalam darah sebesar 10-38%.

6. Mencegah pembentukan plak gigi

Manfaat rebusan daun sirih merah selanjutnya yaitu untuk mencegah pembentukan dan mengurangi penumpukan plak gigi. Manfaat daun sirih merah ini didapatkan dari minyak atsiri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi, seperti Streptococcus mutans, Lactobacillus caesal, dan Actinomices viscosus. 

6. Mengobati rheumatoid arthritis

Penelitian menyatakan bahwa esktrak daun sirih merah memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan rheumatoid arthritis.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *