Herba
Manfaat Pule Pandak Untuk Kesehatan, Atasi Hipertensi

Manfaat Pule Pandak Untuk Kesehatan, Atasi Hipertensi

Pule pandak adalah tanaman bunga dari famili Apocynaceae. Tanaman ini tersebar di India, Myanmar, Thailand, dan Indonesia terutama Jawa. Nama ilmiahnya yaitu (Rauwolfia serpentina) dan merupakan tanaman obat yang sangat penting. Tanaman ini memiliki buah bulat, mengkilap, hitam atau ungu dan memiliki bunga merah muda atau putih kecil.

Manfaat Pule Pandak Untuk Kesehatan, Atasi Hipertensi www.herbaltama.net

Bagian mana dari tanaman yang digunakan untuk tujuan pengobatan?

Akar herbal digunakan untuk tujuan pengobatan, karena akarnya mengandung jumlah terbesar zat aktif yang berguna dalam memerangi kecemasan dan memiliki efek anti-hipertensi dan relaksasi.

Apa kandungan yang ada didalamnya ?

Mengandung Ajmalicidine, Ajmalicine, rouhimbine, indobinine, reserpiline, aricine, resinnamic, isoreserpine, indobine, serpentinine, yohimbine dll. Bahan aktif utama rauwolfia serpentina adalah reserpin. Reserpin dikenal karena tindakan antihipertensi dan antipsikotiknya.

Apa khasiat obat dari Rauwolfia serpentina ?

  • Mengobati darah tinggi
  • Hipnotis
  • Obat penenang
  • Antimikroba
  • Infeksi
  • Anti diuretik
  • Anti-kecemasan
  • Anti-proliferatif

Apa kegunaan obat dari Rauwolfia serpentina ?

Akar pule pandak berguna untuk menenangkan sistem saraf pusat, serta juga membantu mengurangi kecemasan dan skizofrenia dan juga untuk mengobati tekanan darah tinggi, dismenore, gigitan ular, insomnia, gangguan mental, batuk rejan, epilepsi, masalah pernapasan, dll.

Apa manfaat pule pandak untuk kesehatan ?

1. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Tekanan darah tinggi adalah masalah umum yang dihadapi oleh jutaan orang di seluruh dunia. Rauwolfia Serpentine, bila digunakan dalam bentuk mentah, tidak menimbulkan efek samping. Akarnya dapat diolah menjadi bubuk akar tanaman. Reserpin adalah alkaloid indol yang memiliki sifat anti-hipertensi dan anti-sedatif.

2. Stres dan kecemasan

Mengunyah akar pule pandak dapat dengan cepat menenangkan pikiran dan menghilangkan stres dan kecemasan. Hormon mempengaruhi tubuh yang dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stres dan kecemasan.

3. Kenyamanan perut

Telah digunakan untuk mengatasi gastrointestinal sebagai pengobatan yang efektif selama ribuan tahun. Serta untuk mengobati diare dan meredakan sembelit, membersihkan perut dan meningkatkan fungsi alaminya.

4. Sifat anti-inflamasi

Efek anti-inflamasinya telah dikenal selama ribuan tahun. Karena efek anti-inflamasi, digunakan untuk melawan gigitan ular, gigitan serangga atau jenis lain dari luka yang terinfeksi. Secara efektif dapat menetralkan gigitan racun dan racun serta rasa sakit dan peradangan di daerah yang terkena
Sifat anti-inflamasinya menjadikannya pengobatan yang efektif untuk radang sendi, asam urat, dan tendonitis juga. Hal ini juga untuk mengurangi demam.

5. Masalah menstruasi

Manfaat pule pandak juga mengurangi nyeri haid. Bagi wanita yang mengalami kesulitan haid, tanaman ini menjadi solusi sederhana untuk mereka. Merangsang menstruasi dan memiliki sifat anti-inflamasi dan pengubah suasana hati. Dapat menghilangkan kram, kembung dan perubahan suasana hati yang biasanya terjadi saat menstruasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *