Herba
Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan

Tanaman krokot adalah sayuran berdaun hijau yang bisa dimasak atau dikonsumsi secara mentah. Tanaman ini kaya asam lemak omega-3, tanaman ini juga dilengkapi dengan antioksidan dan beragam mineral. Tumbuhan sukulen ini memiliki rasa yang cukup asam atau asin mirip seperti bayam dan selada air. Yuk simak beberapa manfaat tanaman krokot untuk kesehatan.

Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan

1.Mengandung asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 adalah lemak baik yang tidak bisa diproduksi tubuh. Sehingga, kita perlu mendapatkannya dari makanan. Salah satu makanan yang mengandung asam lemak omega-3 adalah krokot.

2. Kaya akan mineral

Tanaman krokot mengandung berbagai mineral yang diperlukan tubuh. Salah satunya adalah kalium yang membantu mengontrol tekanan darah. Selain kalium, krokot juga punya kandungan magnesium, yaitu mineral yang terlibat dalam lebih dari 300 reaksi enzimatik. Krokot juga mengandung kalsium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Membuat kulit tampak sehat

Kandungan asam lemak omega-3, antioksidan, dan beragam nutrisi lainnya dalam krokot juga disebut bisa membuat kulit tampak sehat dan awet muda. Selain itu, kandungan antioksidan dalam krokot juga dibutuhkan untuk produksi kolagen.

Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan Anda www.herbaltama.net

4. Meningkatkan kualitas tidur

Krokot mengandung melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur dan ritme sirkadian. Hormon tersebut juga bertanggung jawab untuk membantu tidur dengan pulas.

5. Mengurangi peradangan

Mengonsumsi biji krokot setiap hari telah terbukti mengurangi sitokin. Sitokin merupakan zat yang mengontrol peradangan dalam tubuh seseorang.

6. Membantu penyembuhan luka

Melansir dari lama WebMD, krokot juga kaya akan vitamin C yang penting untuk menjaga kolagen dan pembuluh darah dalam kondisi yang baik, serta dapat membantu penyembuhan luka.

7. Menurunkan risiko kanker

Tanaman krokot penuh dengan beta-karoten, pigmen yang bertanggung jawab atas warna kemerahan pada batang dan daunnya. Ini adalah salah satu dari banyak antioksidan yang ditemukan di krokot.

8. Menjaga kesehatan tulang

Krokot juga merupakan sumber dua mineral yang penting untuk kesehatan tulang, yaitu kalsium dan magnesium. Kalsium adalah mineral yang paling umum dalam tubuh, jika tidak cukup makan dapat melemahkan tulang secara perlahan dan menyebabkan osteoporosis.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *