Rempah
Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun tempuyung www.herbaltama.net

Tempuyung merupakan herba yang biasa digunakan sebagai tanaman obat yang berkhasiat. Tanaman ini memiliki lembaran-lembaran daun yang lebar dan berwarna hijau licin dengan sedikit ungu, tepinya berombak dan bergigi tidak beraturan. Di dekat pangkal batang, daun bergigi itu terpusar membentuk lekukan dan yang terletak di sebelah atas memeluk batang berselang-seling. Tanaman ini bisa dikatakan sebagai tanaman liar yang banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan herbal. Oleh karena itu, manfaat daun tempuyung untuk kesehatan tubuh cukup banyak. Selain itu tempuyung memiliki efek farmakologis diuretik alias peluruh kencing dan menurunkan panas.

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Berikut manfaat tempuyung untuk kesehatan :

1. Mengatasi Asam Urat

Kondisi ini umumnya terjadi karena kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh terlalu tinggi (hiperurisemia). Akibatnya asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal asam urat mengiringi jaringan. Kemudian akan mengalami peradangan, nyeri dan pembengkakan pada sendi dan tulang. Asam urat menyerang jempol kaki, pergelangan kaki, siku, dan pergelangan tangan.

Manfaat daun tempuyung untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat dilakukan dengan ekstrak daun tempuyung  untuk mengatasi asam urat. Kandungan dalam daun tempuyung akan mendorong asam urat keluar melalui urine. Dengan mengonsumsinya secara teratur.

2. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi jika memiliki nilai 130/80 mmHg atau lebih sebaiknya berhati-hati. Kondisi ini kemudian bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Kandungan asam amino, pilfenol, lipid, lupeol, hingga protein pada daun tempuyung mampu mencegah hipertensi. Dengan mengonsumsi ekstrak daun tempuyung secara rutin maka akan merasakan tekanan darah yang semakin terkendali.

3. Mengatasi Gangguan Telinga

Gangguan telinga seperti mendengar bunyi berdenging bisa sangat mengganggu penderitanya. Gangguan telinga atau tinnitus kerap menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga perlu mengatasinya. Kondisi ini menjadi salah satu gejala penyakit tertentu sehingga perlu waspada. Sehingga untuk mengatasi masalah ini bisa dengan mencoba meneteskan beberapa lembar rebusan daun tempuyung. Beberapa kandungan pada daun tempuyung ini juga berfungsi efektif untuk mengatasi gangguan telinga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *