kesehatan
Tidur Siang dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tidur Siang dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tidur siang dan manfaatnya untuk kesehatan yaitu dapat meningkatkan kinerja, meningkatkan kewaspadaan, dan memperbaiki suasana hati Anda. Tidur siang singkat antara 10 hingga 20 menit, sehingga Anda tidak terlalu jauh ke dalam siklus tidur Anda, yang dapat membuat Anda merasa pusing dan lebih lelah dari sebelumnya. Ketika Anda tertidur selama 10 hingga 20 menit, Anda terkadang memasuki tahap pertama dan kedua tidur. Ini cukup untuk menyegarkan Anda dan mendapatkan manfaat yang terkait dengan tidur siang.

Tidur Siang dan Manfaatnya Untuk Kesehatan www.herbaltama.net

Selama tidur, sebenarnya tubuh Anda memiliki kesempatan untuk menyelesaikan kelima fase siklus tidur beberapa kali, yang bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat ulangi setiap 90 hingga 110 menit. Ketika Anda jatuh ke dalam tidur yang lebih dalam, otak Anda menjadi kurang responsif terhadap rangsangan eksternal, sehingga sulit untuk bangun dan meningkatkan kelelahan.

Tidur siang dan Manfaatnya untuk kesehatan

Manfaat tidur siang untuk kesehatan terbukti secara ilmiah. Berikut ini manfaat tidur siang yang dapat Anda lakukan

1. Meningkatkan kinerja

Berbagai penelitian menemukan bahwa tidur siang 10-30 menit dapat meningkatkan kinerja dan membuat Anda lebih produktif dalam bekerja. Tidur siang telah terbukti meningkatkan :

  • Kecepatan kinetik
  • Waktu reaksi
  • Kewaspadaan
  • Pembelajaran penguatan
  • Berdasarkan berbagai penelitian, tidur siang dapat meningkatkan kemampuan belajar Anda. Tidur siang tidak hanya meningkatkan fokus dan memori Anda, membantu Anda belajar dan menyimpan informasi, tetapi penelitian juga menemukan bahwa kemampuan untuk mempelajari informasi baru meningkat segera setelah tidur siang.

2. Menurunkan tekanan darah

Tidur siang dan manfaatnya untuk kesehatan selanjutnya yaitu menunjukkan bahwa tidur siang dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Karena tidur tengah hari tampaknya sama efektifnya dalam menurunkan tingkat tekanan darah seperti perubahan gaya hidup lainnya, seperti mengurangi konsumsi garam dan alkohol. Penurunan tekanan darah hanya 2 mmHg dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 10 persen.

3. Suasana hati yang lebih baik

Tidur siang dapat meningkatkan mood Anda. Tidur siang singkat meningkatkan tingkat energi dan membantu Anda mengatasi kemerosotan di sore hari. Mereka juga dikaitkan dengan peningkatan kepositifan dan toleransi frustrasi yang lebih baik. Tidur siang sebentar dapat membantu Anda merasa lelah dan mudah tersinggung jika Anda tidak tidur nyenyak pada malam sebelumnya.

4. Efek samping tidur siang hari

Sementara tidur siang telah terbukti memberikan banyak manfaat kesehatan, mereka dapat menghasilkan efek samping dan bahkan memiliki konsekuensi negatif bagi kesehatan Anda ketika tidak diatur waktunya dengan benar atau jika Anda memiliki beberapa kondisi yang mendasarinya. Tidur siang lebih dari 20 menit dapat meningkatkan ketidakaktifan tidur, membuat Anda merasa pusing dan disorientasi. Ini terjadi ketika Anda bangun dari tidur nyenyak. Jika Anda sudah kurang tidur, gejala insomnia cenderung lebih parah dan berlangsung lebih lama.

Tidur siang yang terlalu lama atau terlalu larut dapat membuat sulit untuk mendapatkan tidur malam yang baik. Ini lebih buruk bagi orang yang menderita insomnia dan yang sudah mengalami kesulitan tidur di malam hari. Tidur siang yang lama juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular dan semua penyebab kematian yang lebih tinggi, menurut meta-analisis 2015. Hasilnya menunjukkan bahwa tidur siang lebih dari 60 menit dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan kematian yang lebih tinggi dari semua penyebab dibandingkan dengan tidak ada tidur siang. Usia, kesehatan umum, dan kebiasaan tidur mungkin berperan.

Berapa lama seharusnya tidur siang ?

Membatasi tidur siang hingga 10 hingga 20 menit dapat membuat Anda merasa lebih waspada dan segar. Lebih dari itu, terutama selama lebih dari 30 menit, lebih cenderung membuat Anda merasa lesu, pening, dan lebih lelah daripada sebelum Anda memejamkan mata.

Pengecualian untuk ini adalah jika Anda kurang tidur dan memiliki kemewahan untuk bisa tidur cukup lama untuk menyelesaikan siklus tidur penuh, yaitu setidaknya 90 menit.

Kapan waktu terbaik untuk tidur siang?

Waktu terbaik untuk tidur siang tergantung pada faktor individu seperti jadwal tidur dan usia Anda. Bagi kebanyakan orang, tidur siang di sore hari adalah cara terbaik. Tidur siang setelah jam 3 sore. Hal ini dapat mengganggu tidur di malam hari.

Berapa lama seharusnya tidur siang untuk orang dewasa dan anak-anak?

Kebutuhan tidur anak-anak dan orang dewasa berbeda dan kebutuhan ini terus berubah sepanjang hidup kita. Memutuskan berapa lama tidur siang akan tergantung pada berapa banyak tidur yang Anda butuhkan per malam dan berapa banyak yang sebenarnya Anda dapatkan.

Pada anak-anak, rekomendasi waktu tidur siang bervariasi berdasarkan usia sebagai berikut:

  • 0 hingga 6 bulan: 1 atau 3 tidur siang, masing-masing berlangsung dari 30 menit hingga 2 jam
  • 6-12 bulan: Tidur siang dua kali sehari, berlangsung selama 20 menit hingga beberapa jam
  • 1 hingga 3 tahun: tidur berlangsung 1 hingga 3 jam
  • 3 hingga 5 tahun: tidur siang selama satu atau dua jam
  • 5 hingga 12 tahun: Tidak perlu tidur siang jika mereka tidur 10 atau 11 jam setiap malam
  • Orang dewasa yang sehat tidak memerlukan tidur siang, tetapi dapat memperoleh manfaat dari tidur siang 10 hingga 20 menit, atau 90 hingga 120 dalam keadaan kurang tidur. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua dapat mengambil manfaat dari tidur siang selama satu jam di sore hari.

Apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika Anda tidur terlalu lama atau terlalu sedikit?

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat memiliki efek negatif dan keduanya dapat menjadi indikasi masalah mendasar. Jika berlebihan dapat membuat Anda merasa pusing lama setelah Anda bangun. Sedangkan tidur yang  berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah kondisi, termasuk:

  • penyakit jantung
  • Kegemukan (obesitas)
  • Diabetes tipe 2
  • kematian dini
  • Kurang tidur juga dapat memiliki sejumlah efek negatif pada kesehatan Anda. Tidak cukup tidur menyebabkan kantuk dan lekas marah di siang hari, dan dapat memengaruhi kinerja Anda.

Efek lain dari kurang tidur meliputi:

  • kegemukan
  • Peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi
  • gairah seks rendah
  • Peningkatan risiko kecelakaan
  • Ingatan buruk
  • Sulit berkonsentrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *