Buah
Kadar Asam Urat Tinggi ? Turunkan Dengan 6 Jenis Sayuran Ini

Kadar Asam Urat Tinggi ? Turunkan Dengan 6 Jenis Sayuran Ini

Ada beberapa hal yang harus dilakukan penderita asam urat agar penyakit yang dideritanya tidak gampang kambuh. Selain menghindari makanan dan minuman tinggi purin, penderita asam urat sebaiknya juga harus mengonsumsi sayuran penurun asam urat ini bisa efektif membantu menurunkan kadar dan risiko serangan. Berikut beberapa sayuran penurun asam urat.

6 Jenis Sayuran Penurun Asam Urat

Kadar Asam Urat Tinggi ? Turunkan Dengan 6 Jenis Sayuran Ini

1. Brokoli

Dilansir dari Heathline, brokoli merupakan sayuran dengan kandungan purin yang rendah, yaitu sekitar 70 miligram untuk setiap 100 gramnya. Sayuran hijau ini kaya akan vitamin C dan memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang melimpah yang dapat membantu melawan peradangan.

2. Pare

Pare merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit, sehingga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Khasiat pare tak lain karena vitamin C yang baik untuk penderita asam urat. Dalam 100 gram pare, terdapat 170 miligram vitamin C, 264 miligram kalsium, 5 miligram besi, 666 miligram fosfor, 0,05 miligram vitamin A, dan 88 miligram folasan.

3. Seledri

Seledri direkomendasikan untuk penderita asam urat. Manfaat seledri berasal dari kandungan provitamin A, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, fosfor, natrium, magnesium, dan kalium. Selain itu, seledri juga mampu menurunkan kadar asam urat melalui urine.

4. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan purin yang rendah. Selain itu, mentimun juga mengandung antioksidan yang membantu memudahkan asam urat larut, sehingga kadar asam urat dalam tubuh dapat berkurang.

5. Tomat

Sayuran yang cocok bagi penderita asam urat selanjutnya yaitu tomat. Sebab, tomat mengandung banyak vitamin C yang baik bagi penderita asam urat. Vitamin C membantu mengurangi rasa nyeri akibat serangan asam urat. Nutrisi ini juga dapat mencegah terjadinya pembentukan kristal yang menyakitkan di persendian.

6. Wortel

Rekomendasi sayuran selanjutnya untuk penderita asam urat yaitu wortel. Wortel mengandung serat dalam jumlah tinggi yang membantu melarutkan asam urat. Bahkan jika dikonsumsi secara teratur, serat akan mengurangi pembentukan asam urat dalam jangka panjang. Wortel juga kaya akan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga sangat bagus dalam mengontrol produksi enzim untuk mengoksidasi asam urat menjadi senyawa yang lebih mudah larut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *