Buah
Buah Delima Yang Kaya Manfaat

Buah Delima Yang Kaya Manfaat

Delima merupakan salah satu buah sehat di bumi. Buah ini mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah ini memiliki manfaat lain untuk tubuh Anda sehingga mengurangi risiko penyakit lainnya.

buah delima yang kaya manfaat www.herbaltama.net

 1. Delima Dapat Membantu Melawan Kanker Prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker yang umum terjadi pada pria. Studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah delima dapat memperlambat replikasi sel kanker dan bahkan menginduksi apoptosis atau kematian sel pada sel kanker.

Antigen spesifik prostat (PSA) adalah penanda darah untuk kanker prostat. Pria yang kadar PSA-nya dua kali lipat dalam waktu singkat berada pada peningkatan risiko kematian akibat kanker prostat. Menariknya, sebuah penelitian pada manusia menemukan bahwa minum 8 ons (237 ml) jus delima setiap hari meningkatkan waktu PSA dua kali lipat dari 15 bulan menjadi 54 bulan – peningkatan besar.

2. Delima mengandung dua senyawa tanaman yang memiliki khasiat obat yang kuat
Delima mengandung dua zat unik yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatannya.

  • Asam punicic
    Asam punat, ditemukan dalam minyak biji delima, adalah asam lemak utama dalam buah delima. Ini adalah jenis asam linoleat terkonjugasi dengan efek biologis yang kuat.
  • Punicalagin
    Punicalagins adalah antioksidan yang sangat kuat yang ada dalam jus dan kulit buah delima. Sangat kuat sehingga jus delima memiliki aktivitas antioksidan tiga kali lipat dari anggur merah dan teh hijau. Bubuk dan bedak buah delima biasanya dibuat dari kulitnya, karena kandungan antioksidan dan Punicalagin-nya yang tinggi.

3. Delima memiliki efek anti-inflamasi yang luar biasa

Peradangan kronis adalah salah satu pendorong utama banyak penyakit serius. Ini termasuk penyakit jantung, kanker, DM tipe 2, penyakit Alzheimer dan bahkan obesitas. Delima mengandung sifat anti-inflamasi yang kuat. Jika Anda tertarik untuk mengurangi peradangan di tubuh Anda, buah ini adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda.

4. Delima penuh dengan nutrisi penting

Delima, atau Punica granatum, adalah semak yang menghasilkan buah merah. Buah ini termasuk ke dalam jenis buah beri, dan berdiameter sekitar 5-12 cm (2-5 inci). Warnanya merah, bulat, dan tampak seperti apel merah dengan batang berbentuk bunga.

Kulit buah delima tebal dan tidak bisa dimakan, tetapi dalamnya ada ratusan biji yang bisa dimakan. Setiap biji dikelilingi oleh biji merah, berair, manis yang dikenal sebagai aril. Biji dan tanaman adalah bagian buah yang dapat dimakan – baik dimakan mentah atau diolah menjadi jus delima – tetapi kulitnya dibuang.

Delima mengemas nutrisi yang mengesankan — satu cangkir minuman (174 gram) mengandung :

  • Serat: 7 gram
  • Protein: 3 gram
  • Vitamin C: 30% dari RDI
  • Vitamin K: 36% dari RDI
  • Folat: 16% dari RDI
  • Kalium: 12% dari RDI
    Delima juga sangat manis, dengan satu cangkir mengandung 24 gram gula dan 144 kalori.

 

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *