Rempah
Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan

Di balik aromanya yang menyegarkan, terdapat banyak manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan. Minyak ini berasal dari pohon kayu putih. Daunnya disuling dengan uap untuk mengekstrak minyak yang merupakan cairan tidak berwarna dengna bau yang kuat. Kandungan minyak kayu putih yaitu flavonoid dan tanin. Untuk menghangatkan tubuh dapat menggunakan minyak ini. Minyak ini memiliki nama lain ( cajuput oiloleum-melaleuca-cajeputi, atau oleum cajeputi).

manfaat minyak kayu putih untuk meredakan flu www.herbaltama.net

Manfaat kesehatan dan penggunaan kayu putih

Jika Anda menggunakan minyak kayu putih dengan tepat, minyak ini dapat menjadi penghangat dan pengurang rasa tidak  nyaman pada tubuh Anda. Selain itu masih banyak manfaat minyak kayu putih yang Anda dapatkan, antara lain :

  • Mengatasi masalah pernapasan

Minyak kayu putih murni dapat meredakan gejala flu, pilek dan meredakan sakit tenggorokan. Carany dengan meneteskan beberapa tetes ke dalam wadah yang sudah berisi air panas kemudian dekatkan wajah Anda ke dalam wadah yang sudah ditetesi minyak kayu putih atau bisa juga dihirup aromanya secara langsung. Minyak ini bertindak sebagai dekongestan saat dihirup. Minyak kayu putih termasuk ke dalam obat rumahan.

  • Meredakan nyeri otot dan sendi

Manfaat anti-inflamasi dari minyak kayu putih, minyak kayu putih dapat bekerja dengan baik jika otot Anda sakit setelah berolahraga atau jika Anda menderita sakit kronis yang disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti carpal tunnel syndrome atau tennis elbow. Campurkan satu atau dua tetes dengan minyak pembawa (seperti minyak kelapa, minyak argan, atau jojoba) dan gosokkan pada area yang sakit dengan gerakan melingkar.

  • Merangsang kulit kepala Anda

Berbagai manfaat menggunakan minyak kayu putih untuk rambut Anda: merangsang kulit kepala, melawan ketombe, dan meningkatkan elastisitas rambut. Tambahkan satu tetes ke sampo Anda sebelum menggunakannya.

  • Melawan ketombe

Komponen antijamur dalam minyak kayu putih bekerja melawan jamur seperti ragi Malassezia, yang merupakan penyebab paling umum ketombe. Cukup campurkan dua hingga empat tetes minyak kayu putih dengan satu hingga dua sendok makan minyak kelapa, oleskan pada kulit kepala, tunggu 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

  • Meredakan gigitan serangga

Minyak kayu putih merupakan antiseptik alami yang dapat meredakan akibat gigitan serangga, koreng, terpotong, dan luka kecil. Ia juga memiliki sifat antimikroba yang mencegah pertumbuhan kuman baru. Caranya dengan meletakkan dua hingga tiga tetes pada bola kapas bersih dan gosok area tersebut dua kali sehari.

  • Membantu menyembuhkan luka dan goresan

Buat losion antiseptik buatan sendiri untuk luka, goresan, dan luka bakar. Tambahkan 10 tetes minyak kayu putih ke dalam 2 gelas air dan campurkan ke dalam botol semprot. Semprotkan kain bersih dan lembab dan bersihkan lukanya.

  • Meredakan sengatan matahari

Sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakitnya, bersama dengan sensasi pendinginan alami, membuat minyak kayu putih ideal untuk menenangkan sengatan matahari yang menyakitkan. Kemudian isi botol semprot 2 ons dengan air murni. Lalu tambahkan dua hingga empat tetes minyak kayu putih dan satu sendok teh gel lidah buaya murni, yang berfungsi sebagai pengemulsi alami. Kocok dengan baik dan semprotkan pada kulit untuk kenyamanan. Ini juga menghasilkan kabut menyegarkan yang dapat mendinginkan Anda di hari musim panas yang terik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *