Herba
Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Wajah

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Wajah

Daun sirih cina (Peperomia pellucida) adalah tanaman herbal yang biasa tumbuh di pekarangan rumah. Daun sirih cina biasanya ditanam oleh masyarakat untuk mempercantik rumah. Secara fisik daun sirih cina memiliki bantuk kecil, daun seperti hati dan ujungnya lebih tumpul dibandingan daun sirih biasa. Tanaman ini kaya akan kandungan senyawa tanin, alkaloid, dan flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Berikut beberapa manfaat daun sirih cina untuk wajah.

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Wajah www.herbaltama.net

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Wajah

1. Mengurangi rasa gatal 

Daun sirih cina memiliki sifat antibakteri yang efektif membunuh bakteri penyebab  gatal  dan infeksi. Dengan penggunaan secara rutin, manfaat ini dapat membantu mengatasi & mengontrol masalah gatal pada kulit wajah.

2. Memudarkan flek hitam

Flek hitam pada kulit wajah dapat diatasi dengan daun sirih cina, karena terdapat kandungan zat antibakteri dan pencerah kulit. Sehingga dapat mencerahkan dan mengurangi bintik hitam serta noda pada wajah.

3. Mengecilkan pori-pori

Setiap orang memiliki pori-pori yang bermanfaat untuk kulit. Pori-pori dapat mengeluarkan kelenjar minyak yang membuat kulit tetap terjaga kelembabannya. Namun, ada efek buruk jika memiliki pori-pori besar, yaitu bisa menjadi tempat sel kulit mati dan kotoran menumpuk. Hal tersebut membuat kelenjar minyak tersumbat dan menyebabkan jerawat. Kandungan antiseptik dalam daun sirih cina mampu membantu mengecilkan pori-pori.

4. Mengatasi jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, terutama remaja. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya jerawat antara lain :

  • Produksi sebum berlebih
  • Pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati
  • Konsumsi makanan berlemak atau berminyak
  • Stres
  • Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai
  • Perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, dll

Sehingga, Anda dapat mengatasi jerawat dengan menggunakan daun sirih cina merupakan salah satu cara yang efektif. Karena manfaatnya berasal dari kandungan tanin, flavonoid, alkaloid dalam daun sirih cina yang efektif menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan tentunya hal tersebut dapat membantu mengurangi dan mencegah jerawat pada wajah.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *