Herba
Manfaat Daun Mint Yang Harus Anda Ketahui !

Manfaat Daun Mint Yang Harus Anda Ketahui !

Mint adalah nama untuk lebih dari selusin spesies tanaman, termasuk peppermint dan spearmint, yang termasuk dalam genus Mint. Tanaman terkenal dengan sensasi dingin yang mereka bawa. Anda dapat menambahkannya ke makanan atau minuman dalam bentuk segar dan kering. Sementara itu memakan tanaman memberikan beberapa manfaat kesehatan, penelitian menunjukkan bahwa banyak manfaat kesehatan dari mint berasal dari mengoleskannya ke kulit, menghirup aromanya, atau meminumnya sebagai kapsul. Artikel ini membahas lebih dekat delapan manfaat daun mint yang terbukti secara ilmiah.

Manfaat Daun Mint www.herbaltama.net

Manfaat Daun Mint

1. Kaya nutrisi

Meskipun mint biasanya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak, mint memang mengandung nutrisi dalam jumlah yang baik. Faktanya, kurang dari 1/3 cangkir atau 1/2 ons (14 gram) mint mengandung :

  • Kalori: 6
  • Serat: 1 gram
  • Vitamin A: 12% dari RDI
  • Besi: 9% dari RDI
  • Mangan: 8% dari RDI
  • Folat: 4% dari RDI
    Karena rasanya yang dinamis, mint sering ditambahkan ke resep dalam jumlah kecil, jadi sepertiga cangkir bisa jadi sulit. Namun, mungkin untuk mendekati jumlah ini dalam beberapa resep salad yang mengandung mint di antara bahan-bahan lainnya.

Mint adalah sumber vitamin A yang sangat baik, vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk kesehatan mata dan penglihatan malam.

Ini juga merupakan sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari stres oksidatif, sejenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Meningkatkan Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah gangguan umum pada sistem pencernaan. Gejala gastrointestinal seperti sakit perut, gas, kembung dan perubahan kebiasaan buang air besar. Meskipun pengobatan untuk sindrom iritasi usus besar sering melibatkan perubahan pola makan dan pengobatan, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak peppermint sebagai obat herbal juga dapat bermanfaat.

Minyak peppermint mengandung senyawa mentol, yang dianggap membantu meringankan gejala IBS melalui efek relaksasinya pada otot-otot sistem pencernaan.

3. Membantu meredakan gangguan pencernaan

Peppermint juga efektif dalam meredakan masalah pencernaan lainnya seperti sakit perut dan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat terjadi ketika makanan tetap berada di perut untuk waktu yang lama sebelum masuk ke sistem pencernaan lainnya.

4. Meningkatkan fungsi otak

Selain mengonsumsi peppermint, bahwa menghirup aroma minyak esensial dari tanaman dapat memberikan manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi otak.

5. Mengurangi Nyeri Menyusui

Ibu menyusui biasanya memiliki puting yang sakit dan pecah-pecah, yang dapat membuat menyusui menjadi menyakitkan dan sulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengoleskan peppermint ke kulit dapat membantu meredakan rasa sakit yang terkait dengan menyusui.

6. Memperbaiki gejala pilek

Banyak obat pilek dan flu yang dijual bebas mengandung mentol, senyawa penting dalam minyak peppermint. Banyak orang percaya bahwa mentol adalah dekongestan hidung yang efektif yang dapat membersihkan hidung tersumbat dan meningkatkan aliran udara dan pernapasan.

7. Mengatasi bau mulut

Mengunyah permen mint dan peppermint adalah salah satu hal pertama yang dilakukan orang ketika mencoba mencegah atau menghilangkan bau mulut. Di sisi lain, minum teh peppermint dan mengunyah daun segar mungkin dapat menutupi bau mulut dan membunuh bakteri, karena penelitian tabung telah menyoroti efek antibakteri minyak peppermint.

Intinya

Mint adalah tambahan yang lezat dan sehat untuk banyak makanan dan minuman. Meskipun mint mudah ditambahkan ke banyak hidangan, penelitian menunjukkan manfaat kesehatannya terutama menggunakan mint yang diminum dalam bentuk kapsul, dioleskan ke kulit, atau dihirup melalui aromaterapi. Manfaat kesehatan dari mint berkisar dari meningkatkan fungsi otak dan gejala pencernaan hingga menghilangkan rasa sakit saat menyusui, gejala pilek, dan bahkan bau mulut.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *