Herba
Manfaat Teh Kunyit, Persiapan, dan Efek Sampingnya

Manfaat Teh Kunyit, Persiapan, dan Efek Sampingnya

Teh kunyit adalah salah satu minuman herbal yang mengandung banyak khasiat kesehatan untuk tubuh. Teh ini dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kualitas tidur. Serta juga membantu mengobati jerawat, meningkatkan kesehatan jantung, dan membersihkan hati. Berikut kami ulas beberapa manfaat teh kunyit untuk kesehatan Anda.

Manfaat Teh Kunyit, Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anda www.herbaltama.net

Apa saja manfaat teh kunyit?

1. Melawan infeksi

Ada ratusan penelitian yang membahas tentang curcumin, senyawa dalam kunyit yang melawan peradangan. Sifat-sifat kunyit ini juga menjadikannya pengobatan yang baik untuk gejala radang sendi dan asam urat.

2. Pengobatan kanker

Curcumin dalam kunyit telah terbukti memiliki efek anti kanker. Faktanya, senyawa tersebut telah menunjukkan efek terbaik pada kanker usus, kulit, payudara, dan perut. Juga, sifat antioksidan curcumin dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan yang sering dikaitkan dengan kanker.

3. Mengatur kadar gula darah

Teh kunyit juga dapat menstabilkan kadar gula darah dan membuat diabetes lebih mudah dikendalikan. Yang terpenting, meminum teh kunyit secara teratur dapat mencegah diabetes sepenuhnya. Karena curcumin meningkatkan fungsi sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Juga dapat mengobati masalah hati yang sangat umum pada penderita diabetes.

4. Mengobati penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer mempengaruhi otak dengan menyebabkan peradangan, kerusakan oksidatif, dan toksisitas mineral yang semuanya telah diatasi dengan bantuan curcumin dalam teh kunyit. Studi lain mengatakan bahwa curcumin dapat meningkatkan daya ingat dan suasana hati. Kemampuan curcumin untuk mengurangi peradangan otak juga dikaitkan dengan peningkatan depresi.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Teh kunyit bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena adanya sifat antioksidan, anti-inflamasi, antivirus dan antimikroba. Sifat anti-inflamasi kunyit dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Serta juga mengurangi dan bahkan menghalangi efek sitokin pro-inflamasi, yang merupakan cara lain kunyit meningkatkan kekebalan.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan curcumin pada kunyit terbukti menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Perlu diketahui peningkatan kadar kolesterol LDL dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Minum teh kunyit dapat mengurangi risiko kesehatan tersebut. Efek antioksidan dapat mengurangi risiko berbagai bentuk kardiotoksisitas dan mencegah komplikasi jantung terkait diabetes. Curcumin juga telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan endotelium, yang merupakan lapisan pembuluh darah. Karena disfungsi endotel adalah penyebab utama penyakit jantung. Penelitian tambahan juga menunjukkan bahwa curcumin dapat mencegah penyumbatan arteri. Senyawa tersebut dapat mengurangi plak di arteri, sehingga mencegah penyakit jantung dan serangan jantung.

7. Meredakan gejala arthritis

Teh kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita arthritis. Sebuah penelitian pada 2013 menemukan bahwa kandungan curcumin dalam kunyit efektif menurunkan nyeri pada pasien osteoartritis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *