Herba
Manfaat Daun Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah yang mampu menyedapkan masakan. Tapi, tahukah Anda kalau daun kunyit juga memiliki banyak manfaat. Daun kunyit diketahui memiliki banyak manfaat karena didalamnya terdapat nutrisi penting bagi tubuh, seperti flavonoid, yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Daun Kunyit

Untuk mendapatkan manfaat daun kunyit, Anda bisa menggunakannya sebagai pelengkap bumbu masak. Beberapa makanan yang sering memanfaatkan daun kunyit sebagai penyedap adalah gulai, rendang, dan kare. Berikut beberapa manfaat daun kunyit.

1.Mencegah terbentuknya karies gigi

Daun kunyit berpotensi untuk dijadikan sebagai obat kumur. Menurut penelitian, bahwa daun kunyit memiliki sifat antibakteri yang terkandung dalam ekstrak daun kunyit.

Manfaat Daun Kunyit Untuk Kesehatan Anda www.herbaltama.net

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat daun kunyit berikutnya adalah melancarkan pencernaan tubuh. Hal ini karena zat antioksidan dan antiradang kurkumin di dalam kunyit dapat membantu mencegah Anda dari kambuhnya gangguan pencernaan, seperti perut kembung. Kandungan kurkumin pada kunyit diyakini dapat memacu kinerja empedu. Empedu merupakan salah satu organ penting yang dibutuhkan sistem pencernaan.

3. Menyembuhkan luka

Menyembuhkan luka juga menjadi manfaat daun kunyit. Selain antiradang, kurkumin juga mengandung zat antibakteri dan antivirus yang dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat daun kunyit ini dapat diperoleh dengan menumbuk daun kunyit dengan sedikit air. Kemudian, oleskan daun kunyit yang sudah dihaluskan pada kulit yang terluka, baik luka gores hingga luka bakar ringan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun kunyit mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan antimikroba yang mampu menghalau radikal bebas yang masuk ke tubuh.

5. Antiinflamasi

Khasiat daun kunyit yaitu memiliki kandungan kurkumin sebagai antiinflamasi atau anti peradangan. Kandungan tersebut bermanfaat bagi penderita rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *