Herba
Manfaat Kapulaga, Bantu Atasi Masalah Pencernaan

Manfaat Kapulaga, Bantu Atasi Masalah Pencernaan

apulaga merupakan salah satu rempah asli Indonesia. Rempah ini dihasilkan dari biji tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Memiliki biji polong yang kecil, kulit luar yang tipis dengan biji hitam yang kecil. Ada beberapa macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yaitu kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga seberang atau kapulaga india. Berikut beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan.

Manfaat Kapulaga, Bantu Atasi Masalah Pencernaan www.herbaltama.net

Nutrisi

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam 1 sdm kapulaga,yaitu :

  • 13,3 mg magnesium
  • 10,3 mg fosfor
  • 0,81 mg zat besi
  • 64,9 mg kalium
  • 22,2 gram kalsium
  • 1,6 gram serat
  • 0,6 gram protein
  • 18 kalori
  • 0,4 gram lemak
  • 4 gram karbohidrat

Selain itu juga mengandung senyawa alami dengan sifat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Kapulaga

1.Mencegah gigi berlubang dan bau mulut

Dengan mengunyah kapulaga dapat menghilangkan bau mulut dan membuat napas menjadi lebih segar serta kapulaga juga sangat efektif untuk mencegah gigi berlubang karena mengandung senyawa antibakteri.

2. Menurunkan tekanan darah

Kapulaga kaya akan senyawa antioksidan yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah. Rempah ini memiliki efek diuretik seperti obat penurun tekanan darah.

3. Mencegah penyakit kronis

Antioksidan dalam kapulaga bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Serta juga memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat melawan peradangan. Kandungan tersebut bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti kanker, hipertensi, serta DM.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Selain mencegah penyakit kronis, manfaat kapulaga yang sudah terekstrak dan dicampur dengan herbal lain dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, mulai dari dispepsia, mual dan muntah, hingga tukak lambung.

5. Meningkatkan pernapasan dan penggunaan oksigen

Senyawa dalam kapulaga dapat membantu meningkatkan aliran udara ke paru-paru dan meningkatkan pernapasan. Saat menggunakan dalam aromaterapi, kapulaga dapat memberikan aroma menyegarkan yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen selama berolahraga.

6. Memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi

Dilansir dari Healthline bahwa ekstrak kapulaga dan minyak esensial mengandung senyawa yang melawan banyak jenis bakteri yang umum. Minyak esensial kapulaga melawan bakteri salmonella yang menyebabkan keracunan makanan dan bakteri campylobacter yang mengakibatkan gastritis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *