Herba
Manfaat Cincau, Bantu Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Manfaat Cincau, Bantu Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Cincau, atau green grass jelly merupakan tanaman pangan dari Indonesia dengan kandungan serat yang tinggi. Sebenarnya terdapat dua verietas cincau yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Cincau hitam dibuat dari tanaman Mesona palustris sedangakan tanaman Cyclea barbata miers digunakan untuk membuat cincau hijau. Cincau mengandung senyawa fenolik dan fitokimia seperti flavonoid dan tanin (senyawa tumbuhan alami). Senyawa ini memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi Anda. Berikut beberapa ulasan mengenai manfaat cincau.

Manfaat Cincau, Bantu Jaga Berat Badan Tetap Ideal www.herbaltama.net

Manfaat Cincau Untuk Kesehatan

1. Mengatasi masalah pencernaan

Minuman herbal ini memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan Anda agar berfungsi dengan baik. Kandungan senyawa gula pada minuman ini dapat mengatasi penyakit lambung. Daun cincau mengandung senyawa alkaloid dengan manfaat Vitamin B dan Vitamin C dan kandungan tersebut dapat mengatasi masalah diare dengan cara mengkonsumsinya secara teratur tiga kali sehari.

Kandungan serat pada cincau dapat membersihkan organ pencernaan secara keseluruhan. Dengan demikian, masalah pencernaan seperti sembelit, mulas, dan diare dapat diredakan dengan mengkonsumsi gel herbal. Selain mengatasi diare dan jenis masalah pencernaan lainnya, daun ini juga dapat membantu dalam meningkatkan penyerapan sari makanan yang ada di dalam tubuh.

2. Baik untuk diet

Kandungan gel herbal yang bermanfaat untuk program diet adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, tinggi air, rendah kalori, herbal kaya serat, sangat cocok untuk obat penurun berat badan terbaik. Kandungan protein yang tidak terlalu tinggi pada minuman ini sangat bermanfaat untuk menjaga berat badan.

Menjalani diet kaya serat dengan makan cincau hijau juga akan memberikan sinyal yang lengkap pada tubuh dan hal ini pasti akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan serta tidak makan dengan porsi besar dan besar. Mengkonsumsi serat rumput hijau dengan persentase tinggi juga akan cepat menurunkan kandungan kalori dan energi tubuh, yang artinya sangat baik untuk menurunkan berat badan agar lebih ideal.

3. Menjaga berat badan ideal dan sehat

Mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti cincau hijau saat diet akan menyebabkan para pelaku diet mengalami kenaikan berat badan secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, maka asupan lemak yang tersimpan dalam tubuh akan lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi serat. Oleh karena itu, mengkonsumsi cincau hijau setiap hari merupakan cara yang mudah dan efektif untuk menjaga berat badan agar tetap sempurna sekaligus menutrisi tubuh karena cincau juga mengandung nutrisi lainnya.

4. Mengatasi kanker dan tumor

Gel herbal daun mengandung senyawa isochondrin dan S-S tetandrin yang bekerja membunuh sel pra kanker yang akan menjadi sel kanker. Selain itu, kedua senyawa tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita saat kita mengkonsumsinya, setelah terlebih dahulu diolah menjadi sup atau agar-agar. Senyawa isokandrodendrin merupakan sumber untuk membunuh sel kanker pada organ tertentu seperti ginjal, lambung, dan hati.

5. Mengatasi diabetes

Pada daun cincau terdapat senyawa klorofil dan senyawa bisbenzylzoquinoline. Kedua senyawa yang membuat ramuan ini baik untuk mengobati penyakit diabetes, karena kedua kandungannya dapat membantu mengatur kadar gula darah yang tinggi yang dialami oleh penderita diabetes.

Dengan manfaat kesehatan cincau untuk diabetes, daun cincau dapat mengontrol kadar gula darah yang tinggi dan meningkatkan kerja zat insulin. Saat menderita diabetes, fungsi insulin tidak berjalan dengan baik, maka dengan manfaat jeli herbal untuk diabetes, kerja insulin bermanfaat dan dapat berfungsi normal kembali. Dari manfaat kesehatan cincau untuk diabetes, terbukti bahwa daun cincau sangat baik untuk mengatasi diabetes.

6. Sebagai antibiotik

Kandungan klorofil juga bisa menjadi antibiotik alami. Karena itu, cincau juga bisa bermanfaat untuk obat antibiotik yang nantinya bisa membunuh berbagai jenis bakteri, virus, makanan dan obat-obatan. Dengan menghilangnya beberapa zat berbahaya yang menjadi sumbatan yang melewati pembuluh darah dapat menguranginya.

7. Mengobati demam

Minuman cincau mengandung senyawa seperti karbohidrat, lemak, polifenol, saponin, flavonoid, alkaloid, jantung, vitamin, kalsium, fosfor, vitamin A dan B. Caranya dengan memetik dan memeras daun cincau tersebut, lalu campur dengan air dan biarkan hingga mengeras, seperti biasa bisa langsung Anda konsumsi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *