Buah
Manfaat Sarang Semut, Bantu Jaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat Sarang Semut, Bantu Jaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Sarang semut merupakan tanaman yang tumbuh menempel pada dahan atau batang pohon lain. Tanaman ini biasanya dikerumuni semut sehingga mirip sarang semut.

Kandungan Sarang Semut

Sarang semut (Myrmecodia spp), tumbuh bergelantungan pada tumbuhan lain yang ada disekitar wilayah timur Indonesia dan menjadi salah satu tumbuhan herbal yang digunakan untuk metode pengobatan alternatif di Indonesia.

Dilansir studi dari Institut Pertanian Bogor, sarang semut mengandung berbagai senyawa kimia bersifat antioksidan. Senyawa kimia ini berasal dari golongan flavonoid dan tanin yang diketahui memiliki efek terapis atau pemulih. Berikut kandungan sarang semut :

  • Fenolat
  • Asam amino
  • Polifenol
  • Saponin

Manfaat Sarang Semut Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sarang semut mengandung flavonoid yang dapat membantu mencegah penggumpalan darah. Flavonoid juga bisa melancarkan peredaran dalam tubuh. Sehingga oksigen dan zat gizi bisa terdistribusi dengan optimal ke sel dan jaringan tubuh.

2. Mengurangi Peradangan

Selain meningkatkan kesehatan jantung, kandungan polifenol pada sarang semut juga dapat mengurangi peradangan. Hal ini karena polifenol memiliki efek anti-inflamasi yang tentu bisa bermanfaat untuk penyakit yang berhubungan dengan peradangan.

3. Melancarkan Haid

Bagi seorang wanita, kesuburan organ reproduksi dapat terlihat dari lancarnya haid. Sarang semut, dapat membantu mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Tak hanya itu, manfaat sarang semut lainnya untuk organ reproduksi wanita adalah untuk mengatasi keputihan yang berlebih.

4.  Mengobati Rematik

Kandungan flavonoid dalam sarang semut dapat menjadi inhibitor enzim xanthine yang baik untuk mengatasi rematik. Selain itu, kandungan antioksidan dan tokoferol yang terdapat dalam sarang semut juga baik untuk mengatasi rematik.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium di dalam sarang semut dapat membantu menjaga kekuatan tulang. Selain itu, mineral tersebut juga diketahui berperan penting untuk mengembangkan kekuatan otot.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Dalam banyak kasus, zat besi juga berperan dalam mempercepat proses penyembuhan luka dan diare, serta meningkatkan fungsi pankreas. Lalu, kandungan ini membantu mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dikenal sebagai salah satu pemicu tumor.

7. Mencegah Tekanan Darah Menurun

Kandungan natrium pada sarang semut memiliki peran penting dalam keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, impuls saraf, dan keseimbangan asam basa di dalam tubuh. Kekurangan natrium dapat menurunkan volume darah. Efeknya, tekanan darah menurun, detak jantung meningkat, lemas, kelelahan, sampai kehilangan nafsu makan.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *