Buah
Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Buah mengkudu matang berwarna kuning. Memiliki aroma yang kuat serta termasuk buah yang mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Buah ini dapat Anda olah dengan membuatnya sebagai jus atau campuran smoothie. Jus ini penuh dengan antioksidan dan memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut yang perlu Anda tahu tentang manfaat buah mengkudu termasuk nutrisinya dan keamanannya.

manfaat buah mengkudu www.herbaltama.net

Kandungan nutrisi

Kandungan nutrisi jus mengkudu sangat bervariasi. Hal ini karena jus mengkudu sering dicampur dengan jus buah lain atau ditambahkan pemanis untuk menutupi rasa pahit dan bau yang tidak sedap.

Nutrisi dalam 3,5 ons (100 ml) jus mengkudu adalah :

  • Kalori: 47 kalori
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: kurang dari 1 gram
  • Lemak: kurang dari 1 g
  • Gula: 8 gram
  • Vitamin C: 33% Angka Kecukupan Gizi (AKG).
  • Biotin: 17% AKG
  • Asam Folat: 6% AKG
  • Magnesium: 4% AKG
  • Kalsium: 3% AKG
  • Vitamin E: 3% AKG

Seperti kebanyakan jus buah, jus mengkudu sebagian besar mengandung karbohidrat serta kaya akan vitamin C, yang penting untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Selain itu sebagai sumber biotin dan asam folat yang baik, vitamin B yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh Anda, termasuk membantu mengubah makanan menjadi energi.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

1. Mengandung antioksidan kuat

Mengkudu adalah buah yang dikenal memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Antioksidan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Tubuh Anda membutuhkan keseimbangan antioksidan dan radikal bebas yang sehat untuk menjaga kesehatan yang optimal. Antioksidan utama dalam jus mengkudu termasuk beta-karoten, iridoid, dan vitamin C dan E.

2. Meningkatkan daya tahan saat berolahraga

Jus mengkudu dapat meningkatkan daya tahan fisik. Peningkatan daya tahan fisik yang terkait dengan jus mengkudu berkaitan dengan antioksidannya yang dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi selama berolahraga.

3. Meredakan rasa sakit pada penderita radang sendi

Nyeri arthritis sering dikaitkan dengan peningkatan peradangan dan stres oksidatif. Oleh karena itu, jus mengkudu dapat memberikan pereda nyeri alami dengan mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas.

3. Meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh

Jus mengkudu dapat mendukung kesehatan kekebalan tubuh. Seperti beberapa jus buah lainnya, buah ini kaya akan vitamin C. Vitamin C mendukung sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Banyak antioksidan lain yang ada dalam jus mengkudu seperti beta karoten juga dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *