Herba
Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan

Daun sirih cina atau ketumpang air memiliki (Peperomia pellucida) yang mungkin dianggap sebagai tanaman gulma. Daun ini mengandung berbagai zat yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan kimia tanaman ini antara lain alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak atsiri.Bagian yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman. Berikut beberapa ulasan mengenai manfaat daun sirih cina untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan www.herbaltama.net

Manfaat Daun Sirih Cina / Ketumpang Air

1. Memiliki sifat antibakteri

Ekstrak metanol daun sirih cina memiliki sifat antimikroba sehingga dapat mencegah infeksi beberapa jenis bakteri. Jenis bakteri yang dapat dicegah dengan daun sirih antara lain Bacillus subtilis, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus aureus.

2.Mengatasi bengkak

Jika mengalami bengkak, Anda bisa menguranginya dengan menggunakan daun sirih cina. Caranya dengan menghancurkan daun sirih cina kemudian tempelkan pada luka yang bengkak dan balut dengan perban.

3. Anti Jamur

Sifat anti jamur menjadi salah satu khasiat daun sirih cina untuk kesehatan yang tak boleh dilewatkan. Sifat anti jamur yang terkandung dalam daun sirih cina, diketahui efektif melawan pertumbuhan jamur penyebab beragam penyakit. Tentu ramuan ini begitu bermanfaat bagi Anda mungkin kerap mengalami masalah kulit yang disebabkan oleh jamur.

4. Pengobatan Jerawat

Jika Anda memiliki masalah jerawat, Anda dapat menggunakan daun sirih cina untuk mengatasinya. Caranya dengan membuatnya menjadi masker. Setelah satu jam, cuci muka dengan air bersih. Kandungan yang dimiliki daun sirih cina dapat menghilangkan kotoran dan minyak penyebab jerawat.

5. Meningkatkan Imunitas

Dilansir dari salah satu penelitian terbitan National Institutes Of Health, menunjukkan potensi besar ekstrak daun sirih cina sebagai imunostimulator alami. Imunostimulan atau imunostrimulator adalah substansi (obat dan nutrien) yang  menstimulasi sistem imun. Dengan sistem kerja meningkatkan aktivitas komponen imun untuk melawan infeksi dan penyakit.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Air rebusan dari daun sirih cina, jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat mampu membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif. Manfaat ini berguna untuk mengurangi kemungkinan risiko terkena serangan jantung, stroke, serta penyakit terkait sistem kardiovaskuler.

7. Anti Bakteri

Daun sirih cina diketahui mempunyai sifat anti bakteri yang kuat. Minyak atsiri yang dibuat dengan melarutkan daun dan batangnya, terbukti mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Sekaligus dimanfaatkan sebagai pembersih radikal bebas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *