Herba
Manfaat Eucalyptus, Tinggi Antioksidan dan Redakan Pilek

Manfaat Eucalyptus, Tinggi Antioksidan dan Redakan Pilek

Eucalyptus adalah pohon yang banyak digunakan khasiatnya. Memiliki kulit kayu, batang panjang dan daun buat. Selain itu daunnya dapat diubah menjadi minyak esensial untuk penggunaan topikal atau inhalasi. Berikut beberapa manfaat eucalyptus.

Manfaat Eucalyptus

Manfaat Eucalyptus, Tinggi Antioksidan www.herbaltama.net

1. Kandungan antioksidan tinggi

Daun kayu putih adalah sumber antioksidan, terutama flavonoid yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas. Flavonoid utama dalam kayu putih termasuk katekin, isorhamantin, luteolin, kaempferol, phloritin dan quercetin. Diet kaya senyawa ini dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker, penyakit jantung, dan demensia.

2. Meredakan gejala pilek

Zat utama pada daun ini yaitu eucalyptol yang memiliki manfaat untuk meredakan pilek, mengencerkan lendir, memperluas saluran udara dan bronkiolus pada paru-paru. Selain itu eucalyptol juga meredakan batuk, hidung tersumbat, sakit kepala dengan mengurangi peradangan dan penumpukan lendir. Minyak kayu putih dapat Anda hirup melalui hidung dan dapat meredakan gejala pilek.

3. Eucalyptus dapat memperbaiki kulit kering dengan meningkatkan kandungan ceramidenya. Ceramide adalah jenis asam lemak pada kulit yang bertanggung jawab untuk menjaga, melindungi dan mempertahankan kelembapannya.

4. Mengurangi rasa sakit

Menghirup minyak esensial kayu putih dapat mengurangi rasa sakit karena mengandung beberapa senyawa anti-inflamasi seperti cineole dan limonene yang berfungsi sebagai pereda nyeri.

5. Meningkatkan relaksasi

Kayu putih mengurangi gejala stres dan memiliki sifat anti-kecemasan.

6. Menjaga kesehatan gigi

Ekstrak daun eucalyptus dapat meningkatkan kesehatan gigi. Daun ini mengandung etanol dan karbon C dalam jumlah tinggi sejenis polifenol. Senyawa ini berkaitan dengan tingkat bakteri yang lebih rendah yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gigi. Biasanya n dalam obat kumur.

7. Pengusir serangga

Minyak kayu putih juga bermanfaat sebagai pengusir serangga alami terumata karena kandungan kayu putihnya. Semakin tinggi kandungan eucalyptol dalam minyak kayu putih semakin lama dan efektif. Selain itu dapat minyak kayu putih dapat mengatasi kutu rambut.

Cara Menggunakan Minyak Kayu Putih

  • Teh : Gunakan teh celup yang terbuat dari daun eucalyptus yang digiling.
  • Aromaterapi : Tambahkan beberapa tetes minyak esensial kayu putih ke dalam mangkuk diffuser.
  • Obat nyamuk : buat obat nyamu dengan menggunakan minyak esensial lemon dan kayu putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *