Buah
Kenali Manfaat Jeruk Limau Bagi Kesehatan

Kenali Manfaat Jeruk Limau Bagi Kesehatan

Jeruk limau dikenal masyarakat sebagai salah satu bumbu masak yang bisa memberikan cita rasa dan harum yang khas pada makanan. Selain itu, manfaat jeruk limau juga sudah dikenal masyarakat luas, biasanya perasan air jeruk limau digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minuman yang segar dan menyehatkan.

Beragam kandungan vitamin dan mineral dalam jeruk limau dipercaya bisa memberikan manfaat untuk kesehatan sehingga jeruk ini banyak digunakan masyarakat. Yuk, kita cari tahu kandungan yang ada dalam jeruk limau dan manfaatnya bagi kesehatan berikut ini!

Kenali Manfaat Jeruk Limau Bagi Kesehatan www.herbaltama.net

Kenali Manfaat Jeruk Limau Bagi Kesehatan

Jeruk limau memiliki warna kulit yang hijau dan ukuran yang tidak terlalu besar. Jeruk ini memiliki rasa yang sangat asam sehingga banyak dicampurkan pada masakan agar mendapatkkan cita rasa yang lebih segar.

Air perasan jeruk limau juga banyak dimanfaakan untuk minuman yang dicampurkan dengan madu. Jeruk limau dikenal sebagai buah dengan kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi.

Bukan itu saja, jeruk ini memiliki kandungan vitamin dan mineral lain didalamnya, seperti :

  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Protein
  • Serat
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Vitamin B6
  • Potasium
  • Tiamin

Begitu banyak kandungan nutrisi di dalam jeruk limau, membuat jeruk ini dipercaya masyarakat bisa bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat jeruk limau bagi kesehatan :

1.Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C membantu tubuh untuk membuat kolagen pada kulit. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih sehat dan kuat. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa wanita yang memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari bisa menurunkan risiko munculnya kerutan dan kulit kering pada tubuh.

2. Menurunkan Risiko Gangguan Jantung

Memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh bisa mengatasi plak-plak yang menumpuk pada pembuluh darah. Penumpukan plak dapat memicu tekanan darah tinggi yang berisiko menyebabkan gangguan pada kesehatan jantung.

3. Mencegah Batu Ginjal

Jeruk limau menjadi salah satu buah sitrus yang memiliki kandungan asam sitrat. Kandungan ini membantu meningkatkan kadar sitrat dalam tubuh dan menurunkan mineral yang dapat membentuk batu dalam ginjal.

4. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Zat besi adalah salah satu mineral yang baik untuk memproduksi sel darah merah sehat yang mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika tubuh menyerap zat besi dengan baik, tentunya kamu bisa terhindar daru berbagai gangguan kesehatan yang terkait dengan sel darah, seperti anemia.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan pada jeruk limau dapat mencegah perkembangan sel abnormal yang memicu penyakit kanker.

Itulah berbagai manfaat jeruk limau yang bisa kamu rasakan. Nah, salah satu cara mengonsumsi buah limau adalah memanfaatkan perasan airnya untuk dicampurkan pada makanan atau minuman.

Anda bisa juga menggunakan potongan buah limau untuk dicampurkan pada teh agar kamu bisa mendapatkan harum khas dari buah limau.

Referensi :
Healthline. Limes : A Citrus Fruit with Powerful Benefits.
The American Journal of Clinical Nutrition. Dietary Nutrient Intakes and Skin-Aging Appearance Among Middle-Aged American Women
Nourish by Web MD. Health Benefits of Limes
Halodoc

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *