Buah
Manfaat Buah Bit, Cegah Anemia dan Jaga Kesehatan Mata

Manfaat Buah Bit, Cegah Anemia dan Jaga Kesehatan Mata

Buah bit merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae, buah ini masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Beragam manfaat buah bit didapatkan karena nutrisi di dalamnya, seperti karbohidrat, protein, mineral, serat dan vitamin. Untuk mendapatkan manfaat buat bit, Anda dapat mengolahnya menjadi salah, smoothies atau dikukus.

Manfaat Buah Bit, Cegah Anemia dan Jaga Kesehatan Mata www.herbaltama.net (1)

Kandungan Nutrisi Buah Bit

Dalam 100 gram buah bit, memiliki kandungan 41 kalori dan 87,6 gram air. Selain itu, buah bit juga mengandung berbagai nutrisi berikut ini :

  • Serat 2,6 gram
  • Protein 1,6 gram
  • Karbohidrat 9,6 gram
  • Zat besi 1 miligram
  • Vitamin C 10 miligram
  • Folat 109 mikrogram
  • Kalium 404, 9 miligram

Manfaat Buah Bit

1.Menurunkan Tekanan Darah

Buah bit kaya akan kandungan nitrat yang dapat diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak heran jika manfaat buat bit dapat menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah.

2. Menurunkan Berat Badan

Buah bit rendah kalori, karena mengandung tinggi air yang dapat membantu menurunkan berat badan. Asupan serat di dalamnya dapat membantu menurunkan nafsu makan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah bit mengandung zeaxanthin atau lutein yang dapat membantu menjaga kesehatan makula dan retina mata. Di dalamya juga terdapat vitamin C yang mampu menjaga tingkat kelembapan dan dapat mencerahkan penglihatan.

4. Mencegah Anemia

Buah bit mengandung tinggi zat besi yang dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi. Gangguan ini ditandai dengan pusing, sesak napas, sakit kepala, peningkatan detak jantung dan rasa lelah yang berlebihan.

5. Menyehatkan Pencernaan

Serat dapat melancarkan proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Dengan begitu, feses yang dihasilkan akan lebih lembut dan besar, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar dan teratur. Serta juga memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan, terutama yang jumlahnya sedikit.

6. Meningkatkan Stamina

Buah bit memiliki kandungan karbohidrat, protein, serta vitamin sehingga dapat meningkatkan stamina. Jika memiliki kegiatan yang padat, disarankan untuk mengonsumsi jus buah bit untuk menambah energi.

7. Mencegah Pikun

Kandungan nitrit dalam buat bit juga mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke berbagai bagian tubuh termasuk otak. Selain itu buah bit juga baik untuk mencegah berkembangnya gejala pikun. Sehingga buah ini juga baik untuk dikonsumsi lansia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *