kesehatan
Manfaat Daun Mimba, Menangkal Radikal Bebas dan Atasi Jerawat

Manfaat Daun Mimba, Menangkal Radikal Bebas dan Atasi Jerawat

Manfaat Daun Mimba, Menangkal Radikal Bebas dan Atasi Jerawat www.herbaltama.netDaun mimba atau daun intaran memiliki nama latin (Azadirachta indica) merupakan tanaman yang banyak ditemukan di negara tropis seperti India, Kamboja, Laos, Thailand, Pakistan, dan Vietnam. Setiap bagian tanaman ini memiliki manfaat mulai dari akar, bunga, biji, kulit, daun hingga bijinya bisa digunakan untuk kesehatan. Bunga pohon mimba berwarna putih kekuningan dan harum dengan batang dan cabang yang panjangnya mencapai 25 cm.

Manfaat Daun Mimba Uuntuk Kesehatan

Daun mimba mengandung sejumlah zat aktif, terutama antioksidan yang memiliki potensi kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun mimba.

 

1.Mengatasi Ketombe

Daun mimba merupakan salah satu obat tradisional untuk infeksi jamur di kulit kepala, yang menyebabkan ketombe. Cara menggunakannya pun juga mudah, yaitu dengan merebus seikat daun mimba sampai airnya berubah menjadi hijau, biarkan dingin. Kemudian setelah mencuci rambut dengan sampo bersihkan dengan air tersebut.

2. Mengobati Jerawat

Jerawat membandel di kulit wajah dapat menurunkan rasa percaya diri. Cara menggunakannya dengan menggiling beberapa daun mimba, kemudian dibuat pasta dan mengoleskannya setiap hari hingga jerawat mengering. Pasta ini juga membantu mengatasi segala jenis komedo, bintik hitam dan bisul kronis.

3. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Daun mimba memiliki sifat antiseptik, antioksidan, dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mulut. Kandungan dalam tanaman herbal ini efektif menekan pertumbuhan bakteri di permukaan gigi. Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk berkumur menggunakan ekstrak daunnya setiap hari.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Daun mimba kaya akan asam lemak, termasuk linoleat, palmitat, asam oleat, stearat. Kandungan tersebut bersifat antioksidan, antimikroba, antiinflamasi yang efektif membantu meningkatkan kesehatan kulit.

5. Menangkal Radikal Bebas

Daun mimba mengandung banyak senyawa seperti beta-sitosterol, asam askorbat, quercetin. Semua komponen tersebut merupakan sumber antioksidan. Sehingga antioksidan membantu menangkal efek radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan jantung.

Senyawa dalam Tumbuhan dan Daun Mimba

Terdapat beberapa senyawa yang ada di dalam daun mimba yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut senyawa yang ada di dalam daun mimba.

1.Antioksidan

Antioksidan merupakan suatu zat yang memiliki manfaat penting untuk membantu melindungi semua sel tubuh dari efek radikal bebas. Daun mimba diketahi memiliki kandungan flavonoid yang melimpah.

2. Antikanker

Daun mimba yang telah terekstraksi akan sangat efektif untuk menekan sifat karsinogen yang ada di dalam tubuh.

3. Antimikroba

Selain sebagai antioksidan dan antikanker, daun mimba juga memiliki khasiat antimikroba yang dapat membantu pencegahan atau perlambatan pertumbuhan mikroba jahat (bibit penyakit).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *