Herba
Manfaat Daun Sendok, Bantu Obati Luka

Manfaat Daun Sendok, Bantu Obati Luka

Daun sendok atau ki urat memiliki nama latin Plantago major memiliki tangkai panjang dengan akar terbenam, daunnya bulat & lonjong dengan tepi yang bergerigi namun tidak beraturan, dengan permukaan halus dan daun sedikit berbulu. Walaupun sering di anggap gulma, daun sendok memiliki banyak nutrisi penting dan sangat baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Manfaat Daun Sendok, Bantu Obati Luka www.herbaltama.net

Kandungan Daun Sendok

  • Magnesium
  • Kalsium
  • Polifenol
  • Flavonoid
  • Asam sitrat
  • Vitamin A, C, dan K
  • Tanin

Manfaat Daun Sendok

1.Mengobati Luka

Daun ini memiliki epidermal growth factor (EGF), senyawa hormon yang memungkinkan untuk mempercepat penyembuhan luka ringan dan memar. Allantoin adalah kandungan bahan kimia lainnya yang berkhasiat sebagai penyembuhan luka. Bahan kimia ini mendorong sel-sel kulit baru untuk beregenerasi pada area luka, membantu menutup luka lebih cepat. Daun ini juga berkhasiat untuk membantu mengeluarkan serpihan dan pecahan kaca atau benda kecil lainnya yang masuk terlalu dalam pada kulit.

2. Meringankan Sakit Gigi

Khasiat daun sendok bisa meredakan sakit gigi. Cara tradisional untuk meredakan sakit gigi adalah dengan mengoleskan akarnya yang telah kering pada gigi yang sakit. Jika membuat bubuk akar terlalu lama prosesnya, Anda dapat dengan mudah mencuci akarnya sampai bersih, kemudian mengunyahnya pada bagian gigi yang sakit.

3. Meredakan Batuk dan Pilek

Daun sendok memiliki sifat ekspektoran dan sifat antitusif, yang berkhasiat untuk mengobati batuk dan pilek. Tindakan antiinflamasi, pendinginan, dan pereda nyeri membuat tanaman herbal ini sebagai pilihan yang bagus untuk mengatasi sakit tenggorokan. Ki urat bekerja dengan cara mengurangi produksi lendir dalam tubuh, terutama pada sistem pernapasan. Untuk mengobati batuk dan pilek, perbanyak minum teh daun ki urat. Sementara untuk sakit tenggorokan, berkumur dengan teh daun ki urat yang telah dingin atau dengan menggunakan beberapa tetes ekstrak dalam segelas air.

4. Menjaga Kesehatan Lambung

Daun herbal ini mengandung eicosanoid yang berpotensi mengurangi cairan asam lambung. Cairan lambung berlebih rentan menyebabkan kembung, nyeri ulu hati hingga cairan naik ke kerongkongan alias refluks asam lambung. Kandungan lendir pada daun sendok bisa memberikan lapisan pelindung pada dinding lambung.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *