kesehatan
Daftar Makanan Tinggi Serat

Daftar Makanan Tinggi Serat

Serat sangat penting karena juga dapat meningkatkan penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan melawan sembelit. Untungnya, meningkatkan asupan serat relatif mudah, cukup masukkan makanan berserat tinggi ke dalam makanan Anda. Serat adalah istilah umum yang berlaku untuk semua jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh Anda. Berikut daftar makanan tinggi serat yang dapat Anda konsumsi :

Makanan Tinggi Serat 

daftar makanan tinggi serat yang menyehatkan tubuh www.herbaltama.net

1. Pir (3,1 gram)

Pir adalah buah yang populer, lezat dan bergizi. Ini adalah salah satu sumber serat terbaik dari buah-buahan. Kandungan serat: 5,5 gram dalam pir mentah berukuran sedang, atau 3,1 gram per 100 gram.

2. Stroberi (2 gram)

Stroberi adalah pilihan lezat dan sehat yang bisa dimakan segar. Menariknya, mereka juga termasuk buah paling padat nutrisi yang bisa Anda makan, mengandung vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan kuat dalam jumlah tinggi. Cobalah beberapa smoothie pisang dan stroberi ini. Kandungan serat: 3 gram dalam 1 cangkir stroberi segar, atau 2 gram per 100 gram.

3. Alpukat (6,7 gram)

Alpukat adalah buah yang unik. Alih-alih tinggi karbohidrat, mereka sarat dengan lemak sehat. Alpukat sangat kaya akan vitamin C, potasium, magnesium, vitamin E dan berbagai vitamin B. Ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Cobalah di salah satu resep alpukat lezat kami. Kandungan serat: 10 gram dalam satu cangkir alpukat mentah, atau 6,7 gram per 100 gram.

4. Apel (2,4 gram)

Apel adalah salah satu buah terlezat dan paling memuaskan yang bisa Anda makan. Mereka juga mengandung persentase serat yang relatif tinggi. Kami terutama menyukainya dalam salad. Kandungan serat: 4,4 gram dalam apel mentah berukuran sedang atau 2,4 gram per 100 gram.

5. Raspberry (6,5 gram)

Raspberry sangat bergizi dengan rasa yang sangat kuat. Ini penuh dengan vitamin C dan mangan. Cobalah mencampur beberapa dalam saus raspberry. Kandungan serat: Satu cangkir beri mentah mengandung 8 gram serat, atau 6,5 gram per 100 gram.

6. Pisang (2,6 gram)

Pisang adalah sumber yang baik dari beberapa nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin B6, dan potasium. Cobalah mereka dalam sandwich selai kacang untuk meningkatkan protein juga. Kandungan serat: 3,1 gram dalam pisang berukuran sedang, atau 2,6 gram per 100 gram.

Manfaat makanan tinggi serat 

  • Menurunkan kolesterol; Kehadiran serat dalam sistem pencernaan dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh. Ini terutama benar jika Anda mengonsumsi statin, yang merupakan obat penurun kolesterol, dan menggunakan suplemen serat seperti serat psyllium.
  • Berat badan yang sehat. Makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran cenderung lebih rendah kalori. Juga, kehadiran serat dapat memperlambat pencernaan di perut untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama.
  • Peningkatan ukuran saluran pencernaan. Mereka yang mengalami sembelit atau sistem pencernaan yang umumnya lamban mungkin ingin menambahkan serat ke dalam makanan mereka. Serat secara alami menambah jumlah besar ke sistem pencernaan Anda, di mana tubuh Anda tidak mencernanya. Ini merangsang usus.
  • Meningkatkan kontrol gula darah. Tubuh Anda bisa memakan waktu lebih lama untuk memecah makanan berserat tinggi. Ini membantu Anda mempertahankan kadar gula darah yang lebih konsisten, yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.
  • Mengurangi risiko kanker gastrointestinal. Asupan serat yang cukup dapat memiliki efek perlindungan terhadap jenis kanker tertentu, termasuk kanker usus besar. Ada banyak alasan untuk ini, termasuk beberapa jenis serat, seperti pektin dalam apel, mungkin memiliki sifat seperti antioksidan.

Serat menawarkan banyak manfaat kesehatan, tetapi penting untuk secara bertahap memasukkan makanan yang mengandung serat selama beberapa hari untuk menghindari efek samping, seperti kembung dan gas. Minum banyak air saat Anda makan serat juga dapat membantu mencegah gejala ini.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *