Buah
Manfaat Kurma Untuk Tubuh Anda, Buah Sehat Untuk Meningkatkan Energi

Manfaat Kurma Untuk Tubuh Anda, Buah Sehat Untuk Meningkatkan Energi

Kurma adalah buah dari pohon palem yang tumbuh di banyak daerah tropis di dunia. Kurma telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Hampir semua kurma yang dijual di negara-negara Barat dikeringkan. Anda dapat mengetahui apakah kurma dikeringkan berdasarkan penampilannya. Kulit keriput menunjukkan kekeringan, sedangkan kulit halus menunjukkan kesegaran. Kurma dapat dikunyah dengan rasa manis. Serta juga kaya akan beberapa nutrisi penting dan memiliki berbagai manfaat dan kegunaan. Artikel ini membahas 8 manfaat kesehatan dari makan kurma.

1. Sangat bergizi

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Karena sudah kering, kandungan kalorinya lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah kering lainnya, seperti kismis dan buah ara. Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat kecil. Terlepas dari kalori, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain sejumlah besar serat. Penyajian 3,5 ons (100 gram) menyediakan nutrisi berikut :

  • Kalori: 277
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Kalium: 20% dari RDI
  • Magnesium: 14% dari RDI
  • Tembaga: 18% dari RDI
  • Mangan: 15% dari RDI
  • Besi: 5% dari RDI
  • Vitamin B6: 12% dari RDI

Kurma juga tinggi antioksidan, yang dapat berkontribusi pada banyak manfaat kesehatannya.

manfaat kurma tinggi antioksidan www.herbaltama.net

2. Tinggi serat

Mendapatkan cukup serat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan hampir 7 gram serat dalam porsi 3,5 ons, termasuk kurma dalam diet Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat Anda. Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit. Ini mempromosikan buang air besar secara teratur dengan berkontribusi pada pembentukan tinja.

Selanjutnya, serat dalam kurma mungkin bermanfaat untuk mengendalikan gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu tinggi setelah makan. Kurma memiliki indeks glikemik (GI) rendah, yang mengukur seberapa cepat gula darah Anda naik setelah makan makanan tertentu.

3. Kandungan antioksidan tinggi

Kurma menyediakan banyak antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko berbagai penyakit. Antioksidan melindungi sel Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit. Dibandingkan dengan jenis buah serupa, seperti buah ara dan plum kering, kurma tampaknya memiliki kandungan antioksidan tertinggi.

Berikut adalah tiga antioksidan paling efektif dalam kurma :

  • Flavonoid : antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari karena kemampuannya untuk menurunkan risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.
  • Karotenoid : Karotenoid telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.
  • Asam fenolik : terkenal karena sifat anti-inflamasinya, asam fenolik dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *