Buah
Manfaat Jeruk Bali yang Wajib Anda Tahu !

Manfaat Jeruk Bali yang Wajib Anda Tahu !

manfaat jeruk bali www.herbaltama.net

Pomelo adalah buah jeruk yang terkait erat dengan jeruk bali. Buah ini berbentuk tetesan air mata dan memiliki warna hijau atau kuning dan kerak pucat yang tebal. Itu bisa tumbuh seukuran melon atau lebih besar. Rasa pomelo mirip dengan grapefruit, tapi lebih manis. Serta mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang menjadikannya tambahan yang sehat untuk diet Anda. Berikut manfaat jeruk bali untuk kesehatan, termasuk cara mudah menambahkannya ke dalam diet Anda.

Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan

1. Bergizi tinggi

Pomelo atau jeruk bali mengandung berbagai vitamin dan mineral dan merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Sebuah pomelo kupas (sekitar 21 ons atau 610 gram) mengandung :

  • Kalori : 231
  • Protein : 5 gram
  • Lemak : 0 gram
  • Karbohidrat : 59 gram
  • Serat : 6 gram
  • Riboflavin : 12,6% dari Nilai Harian (DV)
  • Tiamin : 17,3% dari Nilai Harian
  • Vitamin C : 412% dari Nilai Harian
  • Tembaga : 32% dari Nilai Harian
  • Kalium : 28% dari Nilai Harian

Satu buah mengandung vitamin C untuk beberapa hari, antioksidan penambah kekebalan yang kuat yang membantu mencegah kerusakan sel dari senyawa berbahaya yaitu radikal bebas. Pomelo juga kaya akan vitamin dan mineral lain, termasuk potasium, yang membantu mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah. Selain itu, jeruk bali mengandung banyak vitamin dan mineral lain dalam jumlah yang lebih sedikit.

2. Serat

Satu buah jeruk bali menyediakan 6 gram serat. Kebanyakan orang harus berusaha mendapatkan setidaknya 25 gram serat per hari, jadi buah adalah cara terbaik untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan serat Anda.

Selain itu sangat kaya serat tidak larut, yang membantu mencegah sembelit. Serat makanan juga berfungsi sebagai sumber makanan bagi bakteri sehat di usus Anda. Selain itu, serat buah, telah dikaitkan dengan peningkatan kepadatan tulang, pemeliharaan berat badan jangka panjang, kesehatan usus dan otak yang lebih baik, dan penurunan risiko penyakit kronis tertentu.

3. Meningkatkan penurunan berat badan

Pomelo dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sebuah pomelo kupas (sekitar 21 ons atau 610 gram) mengandung 230 kalori, yang merupakan angka yang relatif rendah untuk volume makanan yang begitu besar. Makan banyak makanan rendah kalori dapat membantu Anda tetap kenyang dengan kalori lebih sedikit.

Selain itu, buah pomelo mengandung protein dan serat, yang keduanya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung protein dan serat membantu merangsang perasaan kenyang. Dengan demikian, Anda mungkin merasa lebih mudah untuk mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan dengan memilih makanan ini.

4. Kaya akan antioksidan

Pomelo penuh dengan antioksidan, yang dapat membantu mencegah dan membalikkan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang ditemukan di lingkungan dan makanan. Mereka dapat menyebabkan masalah kesehatan dan penyakit kronis ketika menumpuk di tubuh Anda pada tingkat tinggi.

Pomelo tidak hanya mengandung lebih dari 400% DV untuk vitamin C, antioksidan kuat, tetapi juga mengandung banyak senyawa antioksidan lainnya. Selain itu, pomelo mengandung likopen, antioksidan anti-inflamasi yang juga ditemukan dalam tomat. Banyak manfaat buah pomelo, seperti sifat anti-penuaan dan kesehatan jantungnya, karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

5. Memiliki sifat anti-penuaan

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, pomelo dapat memberikan efek anti-penuaan. Antioksidan, termasuk vitamin C, dapat membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya, membantu Anda mempertahankan penampilan yang lebih muda. Pomelo juga dapat mengurangi pembentukan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs), karena kadar gula darah tinggi.

Elemen penuaan dapat berkontribusi pada proses penuaan dengan menyebabkan perubahan warna kulit, sirkulasi yang buruk, dan masalah penglihatan dan ginjal – terutama pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, minyak esensial dari kulit jeruk bali kaya akan antioksidan dan dapat mengurangi produksi melanin di kulit, yang dapat membantu mencegah perubahan warna dan bintik matahari.

6. Antibakteri dan antijamur

Pomelo mungkin juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur, meskipun sebagian besar penelitian tentang efek ini telah menggunakan minyak esensial yang terbuat dari kulit jeruk bali. Sementara buah itu sendiri mungkin memiliki beberapa sifat antibakteri dan antijamur ini. Karena minyak esensial sangat terkonsentrasi, mereka tidak boleh dicerna, dan harus diencerkan dengan benar sebelum dioleskan ke kulit Anda.

7. Melawan sel kanker

Manfaat jeruk bali yaitu dapat membantu membunuh sel kanker dan mencegah penyebaran kanker. Selain itu, naringenin salah satu antioksidan utama dalam pomelo telah terbukti membunuh sel kanker prostat dan pankreas, serta memperlambat penyebaran kanker paru-paru dalam penelitian tabung.

Akhirnya, penting untuk diingat bahwa buah pomelo mengandung jumlah senyawa pembunuh kanker yang jauh lebih rendah daripada bentuk terkonsentrasi yang digunakan dalam penelitian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *