Herba
Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan

Buah pala atau dikenal dengan sebagai “queen of spices” atau “ratu rempah-rempah”, telah lama digunakan sebagai bumbu dapur untuk memberikan aroma dan rasa unik pada makanan. Selain itu buah pala juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan manusia.

Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan Tubuh Anda www.herbaltama.net

Berbagai produk yang dihasilkan oleh polinef dari buah pala berupa minyak angin, balsam, kopi, permen bahkan sabun. Berikut beberapa manfaat buah pala untuk kesehatan.

Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan

1.Mengatasi masalah pencernaan

Buah pala juga memiliki sifat antiinflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, gas, dan diare. Ekstrak buah pala telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Daun, fuli (kulit pembungkus), dan biji pala merupakan bahan baku pembuatan minyak pala. Minyak pala dapat digunakan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut karena memiliki sifat antibakteri. Kandungan antibakteri ini terbukti efektif untuk melawan kuman yang menyebabkan bau mulut.

3. Melindungi sel-sel tubuh

Biji pala kaya akan berbagai senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Membantu memperbaiki suasana hati

Biji pala juga berpotensi digunakan sebagai antidepresan karena memiliki efek menenangkan. Manfaat ini juga diperoleh dari kinerja biji pala dalam mengatur keseimbangan senyawa kimia di otak yang dapat meicu terjadinya depresi. Selain itu, minyak esensial yang terbuat dari biji pala juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi kecemasan, depresi, sulit tidur, dan ADHD.

5. Mengurangi peradangan

Biji pala kaya akan senyawa monoterpane dan phenolic yang merupakan antiradang kuat. Senyawa-senyawa ini dapat mengurangi peradangan dengan menghambat enzim penyebab peradangan.

6. Mengontrol gula darah

Ekstrak biji pala diduga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Menurut penelitian, ekstrak biji pala efektif dalam menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kinerja pankreas.

7. Menangkal radikal bebas

Salah satu manfaat mengonsumsi biji pala, yakni bisa untuk menangkal radikal bebas. Perlu diketahui, bahwa paparan radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif. Umumnya, kondisi ini berkaitan erat dengan munculnya berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung, kanker, hingga penuaan dini.

8. Mengontrol tekanan darah

Salah satu khasiat mengonsumsi biji pala, yakni bisa untuk mengendalikan tekanan darah. Kandungan mineral dalam biji pala ternyata efektif dalam menjaga fungsi organ, teruama kalium yang terkandung bisa membantu meregangkan pembuluh darah.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *