kesehatan
Kenali Makanan Penyebab Jerawat

Kenali Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan dapat muncul di bagian tubuh yang berminyak, seperti wajah, dada, atau punggung. Tingkat keparahan jerawat juga beragam, ada yang bersifat ringan hingga parah dan menyerupai benjolan seperti kista bahkan bernanah. Penyebab jerawat umumnya terjadi akibat pori-pori di kulit yang tersumbat. Pori-pori yang tersumbat tersebut akhirnya meradang dan menimbulkan jerawat di kulit.

Jenis makanan yang menyebabkan jerawat

Beberapa makanan di bawah ini lebih baik dicegah ketimbang malah memunculkan jerawat yang mengganggu

1.Makanan dan minuman tinggi gula

Terlalu banyak makan makanan dan minuman yang mengandung gula dan karbohidrat di bawah ini ternyata bisa meningkatkan risiko kulit berjerawat.

  • Nasi putih
  • roti putih dan kue
  • minuman kemasan dan soda
  • sereal instan
  • permen
  • pasta dan mie yang terbuat dari tepung terigu

Makanan dengan indeks glikemik tinggi biasanya menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin dan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Bila har itu terjadi, kadar hormon lain akan ikut terpengaruh dan kemungkinan besar produksi minyak di kulit juga ikut meningkat. Jika produksi minyak berlebihan, sejumlah jenis jerawat pun dapat muncul dengan mudah.

Kenali Makanan Penyebab Jerawat www.herbaltama.net

2. Mengonsumsi makanan yang terbuat dari susu

Asupan seperti susu, keju, dan makanan olahan susu sapi lainnya memang memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan bisa memicu jerawat. Hal ini disebabkan karena hormin yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut dapat memicu kelenjar minyak terus berproduksi sehingga jumlah berlebihan. Akibatnya, jerawat muncul.

Baca artikel selengkapnya :

Manfaat Minyak Wijen, Bantu Atasi Jerawat

3. Minuman beralkohol

Alkohol tidak hanya dapat memicu peradangan, tetapi juga berpotensi untuk mengganggu keseimbangan antara kadar testostero dan estrogen dalam tubuh. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko kekurangan zinc, mineral yang berperan dalam melawan jerawat.

4. Makanan cepat saji

Makanan lain yang juga bisa jadi makanan penyebab jerawat adalah makanan cepat saji atau fast food. Karena makanan tersebut tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat olahana. Jadi sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, dan kentang goreng.

5. Karbohidrat Olahan dan Gula Halus

Orang dengan jerawat umumnya mengonsumsi karbohidrat olahan lebih banyak ketimbang mereka dengan sedikit atau tanpa jerawat. Adapun makanan kaya karbohidrat olahan meliputi :

  • Pasta yang terbuat dari tepung putih
  • Soda dan minuman manis lainnya
  • Pemanis seperti gula tebu, sirup
  • Roti, kerupuk, sereal atau makanan penutup yang terbuat dari tepung putih
  • Bihun dan nasi putih

Itulah beberapa makanan penyebab jerawat yang perlu Anda batasi konsumsinya. Karena itu, jagalah asupan makananmu, terutama jika kamu atau ada anggota keluargamu yang sedang dalam masa pubertas.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *